PENERAPAN METODE BERMAIN PERAN MELALUI PRAKTEK SHOLAT BERJAMAAH DALAM MENGEMBANGKAN SOSIAL EMOSIONAL ANAK USIA 5-6 TAHUN DI TK AL-HIDAYAH KALIREJO LAMPUNG TENGAH

Mia, Lusianti (2022) PENERAPAN METODE BERMAIN PERAN MELALUI PRAKTEK SHOLAT BERJAMAAH DALAM MENGEMBANGKAN SOSIAL EMOSIONAL ANAK USIA 5-6 TAHUN DI TK AL-HIDAYAH KALIREJO LAMPUNG TENGAH. Undergraduate thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of SKRIPSI 1-2.pdf] PDF
Download (2MB)
[thumbnail of SKRIPSI Mia Lusianti.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

ABSTRAK Bermain peran merupakan salah satu bentuk pembelajaran, dimana peserta didik ikut terlibat aktif dalam memainkan peran-peran tertentu. Penelitian ini bertujuan untuk melihat bagaimana Penerapan metode bermain peran melalui praktek sholat di TK Al-hidayah kalirejo lampung tengah dalam mengembangkan sosial emosional anak usia dini. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif dengan dsaind studi kasus (single case) kasul tunggal. Subjek dalam penelitian ini adalah guru dan peserta didik dikelas B2 di TK Al-hidayah kalirejo lampung tengah. Sedangkan objek dalam penelitian ini yaitu perkembangan sosial emosional melalui metode bermain peran sholat. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu menggunakan wawancara, dokumentasi dan observasi. Teknik analisa data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu menggunakan triangulasi. Temuan penelitian dalam penelitian ini adalah penerapan metode bermain peran melalui praktek sholat dalam mengembangkan sosial emosional anak usia 5-6 tahun di TK Al-hidayah kalirejo lampung tengah telah dilaksanakan secara optimal. Terlihat dari pelaksanaan berbagai langkah-langkah yang dilakukan sesuai dengan teori yang telah ada, yaitu diantaranya, guru mempersiapkan situasi untuk memulai bermain peran sholat, guru menentukan peran anak dalam kegiatan bermain peran sholat seperti adzan, imam,iqomah, dan ma’mum, guru memberi penjelasan teknik sederhana dalam bermain dengan cara yang mudah dipahami dan dimengerti oleh anak, melaksanakan kegiatan bermain peran sholat, guru melakukan kegiatan dengan cara mendiskusikan hasil bermain peran. Berdasarkan hasil penelitian mengembangkan sosial emosioanl anak usia dini di TK Al-hidayah kalirejo lampung tengah telah berkembang secara optimal. Dari pengamatan tersebut terdapat 1 anak belum berkembang , 5 anak mulai berkembang, 12 anak berkembang sesuai harapan, dan 2 anak berkembang sangat baik. Adapun upaya guru dalam mengembangkan sosial emosional anak di sekolah yaitu guru menggunakan metode mendongeng dan dokter�dokteran, salah satunya dengan bermain peran memperagakan praktek sholat. Kata Kunci : Sosial Emosional, Bermain Peran, Anak Usia Dini. iii ABSTRACT Role playing is a form of learning, where students are actively involved in playing certain roles. This study aims to see how the use of the prayer role playing method in Al-Hidayah Kindergarten, Kalirejo, Central Lampung, in developing the socio-emotional aspects of early childhood. The method used in this research is qualitative with a single case study design. The subjects in this study were teachers and students in class B2 at Al-Hidayah Kindergarten, Kalirejo, Central Lampung. While the object of this research is social emotional development through the method of playing the role of prayer. Data collection techniques in this study are using interviews, documentation and observation. The data analysis technique used in this research is using triangulation. The research finding in this study is that the use of the prayer role playing method in developing social and emotional children aged 5-6 years at Al-Hidayah Kindergarten, Kalirejo, Central Lampung has been carried out optimally. It can be seen from the implementation of various steps carried out in accordance with existing theories, namely, the teacher prepares the situation to start the prayer role playing, the teacher determines the child's role in prayer role playing activities such as the call to prayer, imam, iqomah, and ma'mum, teacher giving an explanation of simple techniques in playing in a way that is easily understood and understood by children, carrying out prayer role playing activities, the teacher carrying out activities by discussing the results of role playing. The teacher's efforts in developing children's socio-emotional at school are teachers using storytelling methods and doctors, and one of them is playing the role of prayer. Keywords: Social Emotional, Role Playing, Early Childhood.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 07 Jan 2022 03:33
Last Modified: 07 Jan 2022 03:33
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/16990

Actions (login required)

View Item View Item