Mutiara, Irawan Putri (2022) STRATEGI PEMBELAJARAN DALAM MENGEMBANGKAN KETERAMPILAN PROSES SAINS ANAK USIA DINI DI TK AISIYAH 1 LABUHAN RATU. Undergraduate thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.
PDF
Download (4MB) |
|
PDF
Restricted to Repository staff only Download (4MB) |
Abstract
ABSTRAK Strategi pembelajaran merupakan sistem yang ditujukan untuk membantu memudahkan proses pembelajaran siswa yang berisi serangkaian susunan kegiatan pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk melihat bagaimana strategi pembelajaran yang digunakan di TK Aisyiyah 1 Labuhan Ratu dalam mengembangkan keterampilan proses sains anak usia dini. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif dengan dsaind studi kasus (single case) kasus tunggal. Subjek penelitian dalam penelitian ini adalah guru dan peserta didik dikelas B3 TK Aisyiyah 1 Labuhan Ratu. Sedangkan objek dalam penelitian ini strategi pembelajaran dalam mengembangkan keterampilan proses sains anak usia dini. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu menggunakan wawancara,observasi, dan dokumentasi. teknik analisa data yang di gunakan dalam penelitian ini yaitu menggunakan triangulasi. Berdasarkan hasil penelitian keterampilan proses sains anak usia dini di TK Aisyiyah 1 lLabuhan Ratu telah berkembang secara optimal.Dari pengamatan tersebut terdapat 1 anak belum berkembang, 10 anak mulai berkembang dan 10 anak berkembang Sesuai harapan dan 2 anak berkembangan sangat baik.Adapun strategi pembelajaran dalam mengembangkan proses keterampilan sains anak usia dini di TK Aisyiyah 1 Labuhan Ratu telah dilaksanakan optimal. Terlihat dari pelaksanaan berbagai strategi pembelajaran di lakukan sesuai dengan teori yang telah ada yaitu meliputi strategi pembelajaran berpusat pada anak, strategi pembelajaran melalui bermain,strategi pembelajaran melalui bernyanyi,strategi pembelajaran melalui kegiatan bercerita,dan strategi pembelajaran terpadu. Kata Kunci : Strategi Pembelajaran, Keterampilan Proses Sains,Anak Usia Dini iv ABSTRACK Learning strategy is a system that is intended to help facilitate the student learning process which contains a series of learning activities. This study aims to see how the learning strategies used in TK Aisyiyah 1 Labuhan Ratu in developing science process skills for early childhood. The method used in this study is qualitative with a single case study design. The research subjects in this study were teachers and students in class B3 TK Aisyiyah 1 Labuhan Ratu. While the object of this research is learning strategies in developing science process skills for early childhood. Data collection techniques in this study are using interviews, observation, and documentation. The data analysis technique used in this research is using triangulation. Based on research on the science process skills of early childhood in TK Aisyiyah 1 Labuhan Ratu, they have developed optimally. From these observations, there are 1 child who has not developed, 10 children are starting to develop and 10 children are developing as expected and 2 children are developing very well. As for learning strategies in development The process of early childhood science skills at TK Aisyiyah 1 Labuhan Ratu has been carried out optimally. The latest from the implementation of various learning strategies is carried out in accordance with existing theories which include learning strategies for children, learning strategies through learning through games, learning strategies and integrated learning strategies. Keywords: Learning Strategies, Science Process Skills, Early Childhood
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | Pendidikan Islam Anak Usia Dini |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Islam Anak Usia Dini |
Depositing User: | LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI |
Date Deposited: | 07 Jan 2022 03:25 |
Last Modified: | 07 Jan 2022 03:25 |
URI: | http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/16989 |
Actions (login required)
View Item |