LAYANAN BIMBINGAN INDIVIDU DALAM MENINGKATKAN SELF CONTROL PADA ANAK BROKEN HOME DI SMP NEGERI 14 BANDAR LAMPUNG

Dinda, Ayu Putri Wibowo (2022) LAYANAN BIMBINGAN INDIVIDU DALAM MENINGKATKAN SELF CONTROL PADA ANAK BROKEN HOME DI SMP NEGERI 14 BANDAR LAMPUNG. Undergraduate thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of SKRIPSI 1-2.pdf] PDF
Download (2MB)
[thumbnail of SKRIPSI Dinda Ayu Putri Wibowo.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

ABSTRAK Penulis mengambil judul "Layanan Bimbingan Individu dalam Meningkatkan Self Control pada Anak Broken Home di SMP Negeri 14 Bandar Lampung". Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan layanan bimbingan individu dalam meningkatkan self control pada anak broken home di SMP Negeri 14 Bandar Lampung. Untuk mengetahui bagaimana gambaran perilaku menyimpang peserta didik broken home, pelaksanaan layanan bimbingan individu yang dilakukan oleh guru BK dalam meningkatkan self control pada peserta didik broken home dan untuk mengetahui hasil daripada pelaksanaan layanan bimbingan individu yang dilakukan oleh guru BK dalam meningkatkan self control pada anak broken home. Penelitian ini bersifat deskriptif dan termasuk kedalam jenis penelitian kualitatif, dengan menggunakan teknik pengumpulan data berupa wawancara, observasi, dokumentasi. Adapun teknik pengambilan sample menggunakan teknik purposive sampling. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan didapatkan 2 peserta didik yang memiliki permasalahan self control dengan latar belakang keluarga broken home. Berdasarkan hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa 1) Gambaran perilaku menyimpang peserta didik yakni membolos mata pelajaran, menunjukkan perilaku membangkang pada guru, tidak mengerjakan tugas dan melanggar tata tertib sekolah, 2) Pelaksanaan layanan bimbingan individu yang dilakukan oleh guru bimbingan dan konseling dapat membantu mengatasi permasalahan rendahnya self control dengan latar belakang keluarga broken home pada peserta didik kelas IX di SMP Negeri 14 Bandar Lampung. Adapun pada tahapan pelaksanaan layanannya meliputi tahap awal, tahap inti dan tahap akhir, sudah berjalan dengan baik dan sesuai dengan teori. 3) Hasil daripada pelaksanaan layanan bimbingan individu dalam mengatasi rendahnya self control pada anak broken home pada peserta didik di SMP Negeri 14 Bandar Lampung yakni layanan yang diberikan mampu meningkatkan self control pada peserta didik. Hal ini ditunjukan dengan meningkatnya kualitas self control serta perilaku peserta didik kearah yang lebih baik. Kata kunci : Bimbingan Individu, Self Control, Broken Home iii ABSTRACT The author takes the title "Individual Guidance Services in Improving Self Control in Broken Home Children at SMP Negeri 14 Bandar Lampung". This study aims to describe individual guidance services in improving self-control in broken home children at SMP Negeri 14 Bandar Lampung. To find out how the description of the deviant behavior of broken home students, the implementation of individual guidance services carried out by BK teachers in increasing self control in broken home students and to find out the results of the implementation of individual guidance services carried out by BK teachers in increasing self control in broken home children. This research is descriptive and belongs to the type of qualitative research, using data collection techniques in the form of interviews, observation, documentation, with purposive sampling as a research sampling technique. Based on the research that has been done, there are 2 students who have self-control problems with a broken home family background. Based on the results of this study, it shows that 1) The description of students' deviant behavior, namely skipping subjects, showing disobedient behavior to teachers, not doing assignments and violating school rules. 2). The implementation of individual guidance services carried out by guidance and counseling teachers can help overcome the problem of low self-control with a broken home family background in class IX students at SMP Negeri 14 Bandar Lampung. As for the stages of service implementation, including the initial stage, the core stage and the final stage, it has been going well and in accordance with theory. 3) The results of the implementation of individual guidance services in overcoming low self-control in broken home children in students at SMP Negeri 14 Bandar Lampung, namely the services provided are able to increase self-control in students. This is indicated by the increasing quality of self-control and the behavior of students towards a better direction. Keywords: Individual Guidance, Self Control, Broken Home

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Bimbingan Konseling
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Bimbingan Konseling
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 07 Jan 2022 02:59
Last Modified: 07 Jan 2022 02:59
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/16986

Actions (login required)

View Item View Item