HUBUNGAN ANTARA POLA ASUH DEMOKRATIS ORANG TUA DENGAN KETERAMPILAN SOSIAL PADA SISWA DI SEKOLAH DASAR

NURMALA, DEWI (2022) HUBUNGAN ANTARA POLA ASUH DEMOKRATIS ORANG TUA DENGAN KETERAMPILAN SOSIAL PADA SISWA DI SEKOLAH DASAR. Undergraduate thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of SKRIPSI BAB 1&2.pdf] PDF
Download (2MB)
[thumbnail of SKRIPSI FULL.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK Hubungan Antara Pola Asuh Demokratis Orang Tua Dengan Keterampilan Sosial Pada Siswa Di Sekolah Dasar Oleh : Nurmala Dewi Rendahnya keterampilan sosial membuat anak kurang mampu menjalin interaksi dengan baik dan memilih tindakan agresif. Sikap rendahnya keterampilan sosial yaitu sulit untuk mengontrol diri dengan baik, dan sulit untuk berempati serta sulit berinteraksi dengan orang lain Keterampilan sosial merupakan keterampilan dalam berinteraksi, berkomuniasi, dan bekerjasama antara manusia dengan manusia lainnya. Keterampilan sosial sangat penting dimiliki oleh setiap anak untuk membentuk hubungan yang berkualitas dengan lingkungan, karena seorang anak yang memiliki keterampilan sosial yang baik bisa mengutarakan atau mengkomunikasikan ide-ide atau gagasan sehingga orang lain bisa mengerti apa yang disampaikan. Adanya keterampilan sosial pada anak tidak lepas dari pola asuh orang tua, salah satunya yakni pola asuh demokratis. Pola asuh demokratis merupakan pola asuh yang mementingkan kebutuhan anak, akan tetapi tidak ragu untuk mengendalikan mereka. Subjek yang digunakan dalam penelitian ini adalah siswa siswi kelas V dan VI di Madrasah Ibtidaiyah Al Fatah Lampung Timur, dengan jumlah sampel sebanyak 50 responden yang di ambil dengan menggunakan teknik purpossive sampling. metode pengambilan data pada penelitian ini menggunakan skala keterampilan sosial yang terdiri dari 26 aitem ( α = 0,853 ) , skala pola asuh demokratis yang terdiri dari 14 aitem ( α = 0,776 ). Teknik analisis data pada penelitian ini menggunakan teknik correlation product momen pearson. Hasil analisis data diperoleh nilai rxy = 0,671 dengan taraf signifikan 0,000 ( p > 0,005 ), hal tersebut menunjukkan bahwa terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara keterampilan sosial siswa dengan pola asuh demokratis orang tua. Sumbangan efektif yang diberikan variabel pola asuh demokratis terhadap variabel keterapilan sosial sebesar 45,01 %. Kata Kunci : Keterampilan Sosial, Pola Asuh Demokratis, Siswa Sekolah Dasar

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Psikologi Agama
Divisions: Fakultas Ushuluddin > Psikologi Agama
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 07 Jan 2022 02:24
Last Modified: 07 Jan 2022 02:24
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/16982

Actions (login required)

View Item View Item