PERAN GURU BIMBINGAN DAN KONSELING DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS VIII DITENGAH WABAH COVID-19 DI MTS NEGRI 2 BANDAR LAMPUNG

DWI, YOGA ARMANDA (2022) PERAN GURU BIMBINGAN DAN KONSELING DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS VIII DITENGAH WABAH COVID-19 DI MTS NEGRI 2 BANDAR LAMPUNG. Undergraduate thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of PUSAT BAB 1 DAN 2.pdf] PDF
Download (1MB)
[thumbnail of SKRIPSI DWI YOGA.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

ABSTRAK Motivasi belajar yang rendah merupakan permasalahan yang di alami peserta didik dalam kegiatan belajarnya, faktor yang mempengaruhi motivasi belajar peserta didik yaitu dikarenakan terjadinya Virus Covid-19 yang membuat seluruh sekolah yang ada di Indonesia di tutup dan pada akhirnya pemerintah memberikan kebijakan pada peserta didik untuk belajar dirumah dengan cara memanfaatkan teknologi dengan belajar daring (dalam jaringan), dengan belajar daring peserta didik kurang kondusif dalam mengikuti pembelajaran hal itu yang membuat motivasi belajar peseta didik akhirnya menurun. Penelitian ini dilakukan terhadap peserta didik kelas VIII Mts Negri 2 Bandar Lampung yang mengalami motivasi belajar rendah. Rumusan masalah dari skripsi ini yaitu, Bagaimana peran Guru BK dalam meningkatkan motivasi belajar peserta didik kelas VIII di tengah wabah Covid-19 di MTs Negri 2 Bandar Lampung? Tujuan penulisan dalam skripsi ini yaitu, untuk mengetahui peran guru bimbingan dan konseling dalam meningkatkan motivasi belajar peserta didik Mts Negri 2 Bandar Lampung? Analisis data dalam penelitian kualitatif dilakukan sejak sebelum memasuki lapangan, selama dilapangan, dan seselesai di lapangan. Jenis penelitian ini merupakan penelitian lapangan (Field Research), metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif dengan desain deskriptif yaitu suatu penelitian lapangan yang tujuan mendeskripsikan (memaparkan) fenomena�fenomena yang ditemukan di lapangan berupa kata-kata lisan dan tertulis yakni kutipan-kuttipan data dalam bentuk narasi. Adapun pengumpulan data diakukan dengan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi dengan dilakukan triangulasi sumber sebagai keabsahan data. Hasil dari penelitian yang diperoleh, peran guru bimbingan dan konseling dalam meningkatkan motivasi belajar peserta didik di Mts Negri 2 bandar lampung terdapat peran guru bimbingan dan konseling dengan baik, guru bk berkolaborasi dengan orang tua peserta didik secara daring untuk lebih mengawasi anak peserta didik iii dirumah, Adapun layanan bimbingan dan konseling yang diberikan guru bk kepada peserta didik yaitu layanan bimbingan klasikal dengan bidang layanan pribadi secara darring melalui bimbingan klasikal guru bk mampu meningkatkan motivasi belajar peserta didik dan peserta didik menjadi semangat belajar. Kata Kunci : Peran Guru Bimbingan dan Konseling, Motivasi Belajar.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Bimbingan Konseling
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Bimbingan Konseling
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 06 Jan 2022 07:13
Last Modified: 06 Jan 2022 07:13
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/16980

Actions (login required)

View Item View Item