PENERAPAN KONSELING INDIVIDU DENGAN TEKNIK SELF INSTRUCTION UNTUK MENGATASI KEJENUHAN BELAJAR PADA PESERTA DIDIK KELAS VIII MADRASAH TSANAWIYAH DARUL HUDA BANDAR LAMPUNG PADA TAHUN AJARAN 2020/2021

Kiky, Ananda (2022) PENERAPAN KONSELING INDIVIDU DENGAN TEKNIK SELF INSTRUCTION UNTUK MENGATASI KEJENUHAN BELAJAR PADA PESERTA DIDIK KELAS VIII MADRASAH TSANAWIYAH DARUL HUDA BANDAR LAMPUNG PADA TAHUN AJARAN 2020/2021. Undergraduate thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of COVER, BAB 1, BAB 2, DAPUS.pdf] PDF
Download (3MB)
[thumbnail of FULL SKRIPSI KIKY ANANDA.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

ABSTRAK Pada hakikatnya setiap manusia pasti akan mengalami rasa jenuh, jenuh pada umumnya merupakan sesuatu yang tidak dapat di pisahkan dalam kehidupan manusia, bahkan jenuh dapat dikatakan bagiian dari kehidupan, begitupun juga dalam lingkungan pendidikan terutamasekolah, jenuh dapat terjadi pada peserta didik. Konseling individu dengan menggunakan teknik Self-Instruction merupakan suatu pendekatan dalam konseling untuk membantu peserta didik agar dapat memanamjemen fikiran negantif dan dapat memotivasi diri ketika tekanan di dalam diri yang memicu rasa jenuh datang pada saat belajar. Kejenuhan belajar bagi peserta didik kelas VIII di MTS Darul Huda Bandar Lampung tergolong rendah, namun ada satu peserta didik yang mengalami kejenuhan belajar. Permasalahannya adalah bagaimana upaya guru bimbingan dan konseling dalam mengurangi kejenuhan belajar pada peserta didik dengan Teknik Self Instruction kelas VIII di MTS Darul Huda Bandar Lampung? Tujuan penelitian ini untuk mengetahui bagaimana upaya guru Bimbingan dan Konseling dalam mengurangi kejenuhan belajar pada peserta didik dengan Teknik Self Instruction kelas VIII di MTS Darul Huda Bandar Lampung. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Metode Kualitatif deskriptif yang digunakan untuk menganalisa data atau menggambarkan yang telah terkumpul. Teknik pengumpulan data yaitu observasi, wawancara dan dokumentasi keabsahan data dilakukan dengan triangulasi. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa: pelaksanaan penerapan konseling individu untuk mengurangi kejenuhan belajar pada peserta didik kelas VIII di MTS Darul Huda Bandar Lampung telah dilaksanakan dengan baik dan terjadi pengurangan terhadap kejenuhan belajar pada peserta didik dengan diberikan layanan konseling Individu di MTS Darul Huda Bandar Lampung. Kata kunci: Konseling individu, Teknik self-instriction, Kejenuhan belajar. iii ABSTRACT In essence, every human being will experience a sense of saturation, boredom in general is something that cannot be separated in human life, even saturation can be said to be part of life, as well as in the educational environment, especially schools, saturation can occur in students. Individual counseling using the Self-Instruction technique is an approach in counseling to help students to be able to manage negative thoughts and be able to motivate themselves when internal pressure that triggers boredom comes at the time of learning. Learning saturation for class VIII students at MTS Darul Huda Bandar Lampung is relatively low, but there is one student who experiences learning saturation. The problem is how do the guidance and counseling teachers try to reduce the boredom of learning in students with the VIII Class Self Instruction Technique at MTS Darul Huda Bandar Lampung? The purpose of this study was to find out how the efforts of Guidance and Counseling teachers in reducing learning boredom in students with Self Instruction Techniques for class VIII at MTS Darul Huda Bandar Lampung. The method used is a qualitative descriptive method which is used to analyze the data or describe what has been collected. Data collection techniques, namely observation, interviews and documentation of the validity of the data were carried out by triangulation. Based on the results of the study, it can be concluded that: the implementation of the application of individual counseling to reduce learning saturation in class VIII students at MTS Darul Huda Bandar Lampung has been carried out well and there is a reduction in learning saturation in students by being given individual counseling services at MTS Darul Huda Bandar Lampung . Keywords: Individual counseling, self-instriction techniques, learning saturation.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Bimbingan Konseling
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Bimbingan Konseling
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 06 Jan 2022 04:32
Last Modified: 06 Jan 2022 04:32
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/16977

Actions (login required)

View Item View Item