KONSEP ETIKA GURU DAN PESERTA DIDIK MENURUT HADRATUSYAIKH KH. M. HASYIM ASY’ARI DALAM TERJEMAHAN KITAB ADABUL ‘ALIM WAL MUTA’ALLIMDAN RELEVANSINYADENGAN PENDIDIKAN AKHLAK KONTEMPORER

SUGESTI, SAFITRIANI (2022) KONSEP ETIKA GURU DAN PESERTA DIDIK MENURUT HADRATUSYAIKH KH. M. HASYIM ASY’ARI DALAM TERJEMAHAN KITAB ADABUL ‘ALIM WAL MUTA’ALLIMDAN RELEVANSINYADENGAN PENDIDIKAN AKHLAK KONTEMPORER. Undergraduate thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of PERPUS PUSAT BAB 1 DAN 2.pdf] PDF
Download (3MB)
[thumbnail of SKRIPSI_SUGESTI SAFITRIANI_1711010154.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK Salah satu insting manusia adalah selalu cenderung ingin mengetahui segala sesuatu di sekelilingnya, yang belum diketahuinya. Berawal dari rasa ingin tahu itulah, maka timbul ilmu pengetahuan. Manusia membutuhkan pendidikan disebabkan manusia sangat labil dan dinamis. Labil karena manusia sejak pertama dilahirkan belum memiliki kemampuan untuk dapat mempertahankan dan memenuhi kebutuhan hidupnya, sehingga dengan pendidikan manusia dapat dengan serta-merta menguasai berbagai kompetensi yang dapat dimanfaatkan untuk kehidupannya. Manusia bersifat dinamis karena manusiaselalu termotivasi untuk senantiasa melakukan perubahan dalam kehidupannya. Salah satu fungsi pendidikan adalah untuk mengembangkan potensi manusia agar menjadi lebih baik. Manusia selalu memerlukan pendidikan agar mampu mempertahankan hidup atau mencapai kehidupan yang lebih baik. Atas dasar itulah, pendidikan sangar penting bagi kehidupan manusia. Pendidikan akhlak adalah jiwa dari pendidikan islam, dan islam telah menyimpulkan bahwa pendidikan budi pekerti dan akhlak adalah jiwa pendidikan islam. Mencapai suatu akhlak yang sempurna adalah tujuan sebenarnya dari pendidikan. Adapun tujuan di lakukannya penelitian ini adalah untuk mengetahui konsep etika guru dan peserta didik menurut Hadratusyaikh K.H. M. Hasyim Asy’ari dalam terjemahan kitab Adabul „alim wal Muta‟alim dan relevansinya terhadap pendidikan akhlak kontemporer. Penelitian ini dikategorikan sebagai penelitian kepustakaan (library research), karena pengumpulan datanya berdasarkan pada teks-teks pustaka. Penelitian kepustakaan (library research) adalah sebuah penelitian yang diarahkan atau difokuskan untuk membahas dan menelaah bahan-bahan pustaka, baik yang berupa buku, jurnal serta karya ilmiah lain yang memiliki relevansi dengan pembahasan penelitian. Sumber data dalam penelitian ini memakai sumber data primer (pokok) dan sekunder (penunjang atau pendukung). Sifat penelitian berupa deskriptif kualitatif dimana metode yang berusaha menggambarkan dan menginterpretasi objek seusai apa adanya, data yang diperoleh kemudian di analasis dengan teknik analisis isi (content analysis). Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa Hadratusyaikh KH. M. Hasyim Asy’ari mengkonsepkan etika guru dan murid dalam kitabnya dapat dikelompokkan yaitu, etika pribadi murid, etika murid kepada guru, etika murid dalam belajar, etika iii pribadi seorang guru, etika guru dalam mengajar, etika guru kepada murid-muridnya. Dalam hal ini penulis dapat menyimpulkan etika guru dan murid harus diterapkan dengan baik dan benar. Jika murid dan guru tidak mempelajari etika maka ilmu yang didapatkan tidak akan menjadi amalan dan berkah untuk hidupnya. kata kunci : konsep etika guru dan peserta didik, hadratusyaikh KH. M. Hasyim Asy’ari

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Agama islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama islam
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 06 Jan 2022 04:04
Last Modified: 06 Jan 2022 04:04
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/16972

Actions (login required)

View Item View Item