IMPLEMENTASI MANAJEMEN KELAS PADA PEMBELAJARAAN E-LEARNING DI SMA QURAN DARUL FATTAH BANDAR LAMPUNG

RAHAYU, NUR APRILIANI (2022) IMPLEMENTASI MANAJEMEN KELAS PADA PEMBELAJARAAN E-LEARNING DI SMA QURAN DARUL FATTAH BANDAR LAMPUNG. Undergraduate thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of SKRIPSI 1-2.pdf] PDF
Download (2MB)
[thumbnail of SKRIPSI RAHAYU NUR APRILIANI.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK MANAJEMEN KELAS PADA PEMBELAJARAAN E-LEARNING DI SMA QUR’AN DARUL FATTAH BANDAR LAMPUNG Oleh Rahayu Nur Apriliani Manajemen kelas merujuk kepada kegiatan-kegiatan yang menciptakan dan mempertahankan kondisi yang optimal bagi terjadinya proses belajar mengajar di kelas. Dalam proses belajar mengajar dibutuhkan adanya efektifitas pembelajaraan hal ini dikarenakan dapat mempengaruhi prestasi belajar peserta didik yang akan dicapai oleh peserta didik itu sendiri. Sedangkan pembelajaraan e-learning adalah suatu wadah untuk menyampaikan pembelajaraan, pelatihan atau pendidikan dengan memanfaatkan sarana elektronik sebagai media pembelajaraan. SMA Qur’an Darul Fattah Bandar Lampung telah melaksankan manajemen kelas pada pembelajaraan e-learning disekolah maupun dirumah. Namun masih ada peserta didik yang kurang akan kesadarannya sebagai peserta didik dan masih ada pro kontrak dalam pembelajaraan tersebut. Sehingga penulis merumuskan masalah sebagai berikut “Bagaimanakah implementasi manajemen kelas pada pembelajaraan e-learning di SMA Qur’an Darul Fattah Bandar Lampung.” Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pelaksanakan manajemen kelas pada pembelajaraan e-learning di SMA Qur’an Darul Fattah Bandar Lampung. Metodologi penelitian yang digunakan adalah dengan menggunakan analisa deskriptif yaitu analisa data yang menekankan pada makna, penalaran, definisi situasi tertentu (dalam konteks tertentu) serta menggambarkan apa adanya mengenai prilaku obyek yang sedang diteliti. Adapun obyek dalam penelitian ini adalah tiga guru mata pelajaran yang berbeda seperti guru matematika, guru penjaskes dan guru fisika di SMA Qur’an Darul Fattah Bandar Lampung. Alat pengumpulan data yang digunakan adalah metode observasi, interview dan dokumentasi. Adapun dalam pengambilan kesimpulan menggunakan data berfikir indukatif yaitu pemikiran yang berangkat dari fakta-fakta atau peristiwa-peristiwa khusus kemudian dari fakta-fakta khusus tersebut ditarik generlisasi yang mempunyai sifat umum. Kesimpulan penelitian dalam implementasi manajemen kelas pada pembelajaraan e-learning di SMA Qur’an Darul Fattah Bandar Lampung adalah melalui dengan memperhatikan proses mengamati kebutuhan peserta didik, membuat bahan pembelajaraan, melaksanakan pembelajaraan e-learning dan menilai kemajuan pada peserta didik. Kata Kunci: Manajemen Kelas, Pembelajaraan E-learning

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Manajemen Pendidikan Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 06 Jan 2022 03:57
Last Modified: 06 Jan 2022 03:57
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/16971

Actions (login required)

View Item View Item