Motivasi dan hasil belajar Al-Qur'an hadist melalui metode pembelajaran berbasis protopolio:study pada kelas V-A Min 1 Bandar Lampung TP. 2016/2017

Aslaida, Aslaida (2017) Motivasi dan hasil belajar Al-Qur'an hadist melalui metode pembelajaran berbasis protopolio:study pada kelas V-A Min 1 Bandar Lampung TP. 2016/2017. Masters thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[img]
Preview
PDF
Download (467kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
Download (5MB) | Preview
[img]
Preview
PDF
Download (54kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
Download (244kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
Download (388kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
Download (90kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
Download (306kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
Download (47kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
Download (168kB) | Preview

Abstract

Pembelajaran Al-Qur’an Hadits di Madrasah Ibtidaiyah Negeri (MIN) 1 Bandar Lampung rata-rata hasil evaluasi pembelajaran Al-Qur’an Hadits masih di bawah standar kriteria ketuntasan minimal, sebesar 19 orang atau 32% dari 28 peserta didik. Hal ini di sebabkan oleh kurangnya pemahaman dan motivasi siswa terhadap proses pembelajaran di kelas. Kondisi ini berakibat pada kurang minat dan motifasi belajar, dalam mengikuti proses pembelajaran. Rumusan masalah dari tesis ini yaitu bagaimana motivasi dan hasil belajar Al-Qur’an Hadits melalui model pembelajaran berbasis portofolio di Madrasah Ibtidaiyah Negeri (MIN) 1 Bandar Lampung?. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana motivasi dan hasil belajar Al-Qur’an Hadits melalui pembelajaran berbasis portofolio di Madrasah Ibtidaiyah Negeri (MIN) 1 Bandar Lampung. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Alat pengumpul data yang digunakan adalah observasi, interview dan dokumentasi. Analisis data dalam penelitian ini digunakan kualitatif yang bersifat induktif. Temuan penelitian bahwa guru Mata Pelajaran Al-Qur’an Hadits Madrasah Ibtidaiyah Negeri (MIN) 1 Bandar Lampung telah melalukan pembelajaran berbasis portofolio dalam mempunyai lima prinsip dasar yaitu belajar siswa aktif (student active learning), kelompok belajar kooperatif (cooperative learning), mengajar yang kreatif (joy full learning) metode discovery dan inquiry, pembelajaran ini dapat memotivasi dan meningkatkan hasil belajar peserta didik.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: Pendidikan Agama islam
Divisions: Pasca Sarjana > S2 Ilmu Tarbiyah dan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ms. Rohai Inah Indrakasih
Date Deposited: 26 Oct 2017 07:53
Last Modified: 26 Oct 2017 07:53
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/1697

Actions (login required)

View Item View Item