ERINA, YUSTIKA (2022) UPAYA GURU DALAM MENANAMKAN SIKAP NASIONALISME PADA ANAK USIA 5-6 TAHUN DI TK MIFTAHUL HUDA TRIBUDISYUKUR KECAMATAN KEBUN TEBU KABUPATEN LAMPUNG BARAT. Undergraduate thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.
PDF
Download (3MB) |
|
PDF
Restricted to Repository staff only Download (4MB) |
Abstract
ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mendeskrisikan peran guru dalam menanamkan sikap nasionalisme pada anak usia dini dalam membentuk nasionalis peserta didik di TK Miftahul Huda Kebun Tebu. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan wawaancara, observasi, dan dokumentasi sedangkan analisis data menggunakan keabsahan data dan triangulasi. Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa; Para guru di TK Miftahul Huda telah melaksanakan penanaman sikap nasionalisme kepada peserta didiknya baik di dalam kegiatan pembelajaran maupun di luar pembelajaran. Adapun pelaksanaan penanaman sikap nasionalisme di dalam kegiatan pembelajaran adalah guru dan peserta didik menyanyikan lagu nasional atau kebangsaan sebelum kegiatan belajar dimulai. Sedangkan di luar kegiatan pembelajaran pelaksanaan penanaman sikap nasionalisme yaitu kegiatan rutin upacara bendera yang dilakukan setiap hari senin. Cara atau metode yang guru gunakan dalam menanamkan sikap nasionalisme yaitu yang pertama dengan metode bercerita, guru bercerita tantang kemerdekaan Republik Indonesia,dan hari kemerdekaan indonesia yang kedua dengan metode tanya jawab, seperti guru menanyai siapa presiden kita, wakil presiden, dan apa lambang negara indonesia. yang ketiga yaitu dengan metode bernyanyi, guru menyanyikan lagu indonesia raya, menyanyikan lagu bendera merah putih,dan garuda pancasila. Sedangkan hambatan bagi guru dalam melaksanakan penanaman sikap nasionalisme kepada anak usia dini adalah keterbatasan kosa kata Kata kunci : pelaksanaan, penanaman, sikap, nasionalisme iii ABSTRACT This study aims to describe the teacher's role in instilling an attitude of nationalism in early childhood in forming nationalist students in Miftahul Huda Kindergarten, Kebun Tebu. The method used in this study is a qualitative descriptive method. Data collection techniques used interviews, observation, and documentation, while data analysis used data validity and triangulation. Based on the research results it is known that; The teachers at Miftahul Huda Kindergarten have carried out instilling an attitude of nationalism to their students both in learning activities and outside learning. The implementation of the cultivation of nationalism in learning activities is that the teacher and students sing the national or national anthem before learning activities begin. Meanwhile, outside of learning activities, the implementation of inculcating an attitude of nationalism is a routine flag ceremony which is carried out every Monday. The method or method that the teacher uses in instilling an attitude of nationalism is the first with the storytelling method, the teacher tells about the history of the independence of the Republic of Indonesia, the second with the question and answer method, such as the teacher asking who our president, vice president, and what the symbol of the Indonesian state is. The third method is the singing method, the teacher sings the Indonesia Raya anthem, sings the red and white flag, and the Garuda Pancasila. Meanwhile, the obstacle for teachers in carrying out the inculcation of nationalism attitudes to early childhood is limited vocabulary Keywords: implementation, planting, attitude, nationalism
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | Pendidikan Islam Anak Usia Dini |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Islam Anak Usia Dini |
Depositing User: | LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI |
Date Deposited: | 06 Jan 2022 02:55 |
Last Modified: | 06 Jan 2022 02:55 |
URI: | http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/16965 |
Actions (login required)
View Item |