PENGENAAN SUSPENSI SAHAM SYARI’AH DALAM PERSPEKTIF HUKUM ISLAM (Studi Pada Bursa Efek Indonesia Kantor Perwakilan Bandar Lampung)

Ansori, Saputra Jaya (2022) PENGENAAN SUSPENSI SAHAM SYARI’AH DALAM PERSPEKTIF HUKUM ISLAM (Studi Pada Bursa Efek Indonesia Kantor Perwakilan Bandar Lampung). Undergraduate thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of PERPUS PUSAT BAB 1 DAN 2.pdf] PDF
Download (4MB)
[thumbnail of SKRIPSI_Ansori Saputra Jaya_1621030609.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (8MB)

Abstract

ABSTRAK Perkembangan era ekonomi global yang sangat cepat ini, kebutuhan akan finansial pun semakin bertambah. Baik untuk kebutuhan primer maupun sekunder, dapat dikatakan kebutuhan primer saat ini bukan lagi hanya sandang, pangan, dan papan, tetapi makin banyak dan makin berkembang. Salah satu kebutuhan yang bisa dikatakan kebutuhan primer saat ini adalah investasi. Investasi adalah aktifitas yang berkaitan dengan bidang usaha penarikan sumber�sumber (dana) untuk menggandakan barang modal pada saat sekarang, dan dengan barang modal yang dihasilkan aliran produk baru dimasa yang akan datang atau yang disebut dengan saham. Adapun pembekuan atau penghentian sementara aktifitas perdagangan saham, atau biasa disebut supsensi (diluar negeri disebut trading halt), permasalahan yang sering terjadi pada Bursa Efek Indonesia sekarang ini ialah adanya saham yang terkena suspensi tidak menentu. Waktu diberlakukannya suspensi tidak menentu, ada hitungan hari, bahkan lebih lamanya bertahun-tahun. Rumusan masalah dari penelitian ini adalah bagaimana Sistem Pengenaan Supsensi Saham Syari’ah pada Bursa Efek Indonesia Kantor Perwakilan Bandar Lampung, dan bagaimana prespektif hukum Islam terhadap Pengenaan Supsensi Saham Syari’ah pada Bursa Efek Indonesia Kantor Perwakilan Bandar Lampung. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengenaan sanksi suspensi yang dilakukan emiten terhadap investor saham Syari’ah pada Bursa Efek Indonesia Kantor Perwakilan Bandar Lampung, dan untuk mengetahui mengetahui prespektif hukum Islam terhadap pengenaan suspensi yang dilakukan emiten terhadap investor saham Syari’ah pada Bursa Efek Indonesia Kantor Perwakilan Bandar Lampung. Penelitian ini merupakan jenis penelitian lapangan (field research) yaitu penelitian yang di lakukan di lingkungan masyarakat Investor Saham Syari’ah dan sifat penelitian ini adalah analisis kualitatif. Metode pengumpulan data penelitian ini adalah wawancara, observasi, dan dokumentasi. Berdasarkan data yang diperoleh Praktik Pengenaan Suspensi Saham Syari’ah Bursa Efek Indonesia Kantor Cabang Perwakilan iii Lampung terjadi terhadap investor dikarenakan adanya pelanggaran yang umum dilakukan oleh emiten, sehingga emiten yang bersangkutan bisa dikenai denda, hingga perusahannya di bekukan oleh pihak Bursa Efek Indonesia, Perspektif Hukum Islam Tentang Pengenaan Suspensi Saham Syari’ah Bursa Efek Indonesia Kantor Cabang Perwakilan Bandar Lampung diperbolehkan, karena hal tersebut tidak bertentangan dengan rukun dan syarat-syarat sah saham syari’ah. Dikenakannya suspensi saham untuk memberikan sanksi kepada emiten yang melakukan pelanggaran tertentu. Kata Kunci: Pengenaan Suspensi Saham Syari’ah dalam Perspektif Hukum Islam

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Muamalah (Hukum Ekonomi Syariah)
Divisions: Fakultas Syariah > Muamalah (Hukum Ekonomi Syariah)
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 06 Jan 2022 02:30
Last Modified: 06 Jan 2022 02:30
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/16963

Actions (login required)

View Item View Item