MANAJEMEN KELAS DI SEKOLAH DASAR ISLAM TERPADU (SDIT) ULUL ALBAB JATI AGUNG LAMPUNG SELATAN

Hervi, Annisa (2022) MANAJEMEN KELAS DI SEKOLAH DASAR ISLAM TERPADU (SDIT) ULUL ALBAB JATI AGUNG LAMPUNG SELATAN. Undergraduate thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of SKRIPSI 1-2.pdf] PDF
Download (2MB)
[thumbnail of SKRIPSI HERVI ANNISA.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK Untuk meningkatkan mutu pendidikan diperlukan peningkatan dan penyempurnaan pendidikan, yang berkaitan erat dengan peningkatan mutu proses belajar mengajar secara operasional yang berlangsung di dalam kelas. Oleh karena itu diperlukan manajemen kelas yang baik sehingga tujuan pembelajaran dapat tercapai. Karenanya manajemen kelas memegang peranan yang sangat menentukan dalam proses belajar mengajar. Manajemen kelas merujuk kepada kegiatan-kegiatan yang menciptakan dan mempertahankan kondisi yang optimal dan kondusif bagi terjadinya proses belajar mengajar di kelas. Sedangkan kondisi belajar yang kondusif merupakan prasyarat yang paling penting bagi kelancaran terselenggaranya kegiatan belajar peserta didik. Sehingga dengan lancarnya pelaksanaan pembelajaran berpengaruh terhadap hasil belajar yang lebih optimal. Manajemen kelas yang baik adalah yang dapat melayani dan membantu kebutuhan peserta didik dalam pembelajaran. Oleh karena itu, manajemen kelas merupakan substansi penting dalam pelaksanaan pembelajaran dan kompetensi profesional guru. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaturan peserta didik dan pengaturan fasilitas dalam proses pembelajaran di SD IT Ulul Albab Lampung Selatan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Dalam penelitian ini Kepala Sekolah, Waka Sarana Prasarana, dan Guru Kelas adalah sebagai subjek penelitian. Pengumpulan data dilakukan dengan beberapa cara antara lain wawancara, observasi, dan dokumentasi. Kemudian dianalisis dengan menggunakan teknik reduksi data, penyajian data, dan verifikasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa manajemen kelas di Sekolah Dasar Islam Terpadu (SDIT) Ulul Albab menggunakan indikator pengaturan peserta didik dan pengaturan fasilitas. Peneliti menarik kesimpulan dalam pelaksanaa manajemen kelas di SDIT Ulul Albab masih ada satu sub indikator yang belum dapat dilaksanakan, yaitu pengaturan dinamika kelompok . Kata kunci: Manajemen Kelas ABSTRACT To improve the quality of education, it is necessary to improve and improve education which is closely related to improving the quality of the operational teaching and learning process that takes place in the classroom. Therefore, good classroom management is needed so that learning objectives can be achieved. Therefore, class management plays a very decisive role in the teching and learning proccess. Classroom management refers to activities that create and maintain optimal and conducive conditions for the teaching and learning process to occur in the classroom. Meanwhile, conducive learningconditions are the most important prerequisite for the smooth implementation of student learning activities. So that the smooth implementation of learning affects more optimal learning outcomes. Good classroom management is one that can serve and assist the needs of students in learning. Therefore, classroom management is an important substance in the implementation of learning and teacher professional competence. The purpose of this research is to find out the arrangement of students and the arrangement of facilities in the teaching and learning process at SD IT Ulul Albab Lampung Selatan This study uses a qualitative approach. In yhis study the principal, vice principal fo facilities and infrastucture, and classroom teacher were the research subjects. Data collection was carried out in several ways, including interviews, obsetrvation, and documentation. Then analyzed using data reduction techniques, data pesentation, and verification. Based on the research that has been done, the conclusions of this study indicate that class management in the learning process at SD IT Ulul Albab Lampung Selatan has been going well, using class management indicators which include student arrengements an facility arrangements. Keywords: Classroom Management

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Manajemen Pendidikan Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 05 Jan 2022 04:27
Last Modified: 05 Jan 2022 04:27
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/16952

Actions (login required)

View Item View Item