ASNA, DELTA YANI (2022) PENGGUNAAN MEDIA KARTU BERGAMBAR GEOMETRI UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOGNITIF ANAK USIA 5-6 TAHUN DI TK DHARMA WANITA KERTOSARI KECAMATAN TANJUNG SARI LAMPUNG SELATAN. Undergraduate thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.
PDF
Download (3MB) |
|
PDF
Restricted to Repository staff only Download (3MB) |
Abstract
ABSTRAK Penelitian ini dilatar belakangi masalah oleh rendahnya kemampuan mengenal bentuk geometri pada kelompok B TK Dharma Wanita Krtosari Kecamatan Tanjung Sari Lampung Selatan, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penggunaan media kartu bergambar geometri dalam meningkatkan kemampuan kognitif anak usia 5-6 tahun yang berjumlah 19 anak. Metode yang digunakan yakni Classroom Action Research atau penelitian tindakan kelas (PTK), dengan Model Kemis dan Mc Tanggart yang terdiri dari empat tahapan, 1) perencanaan, 2) pelaksanaan, 3) pengamatan, 4) refleksi. Satu siklus dilaksanakan selama tiga hari atau tiga kali pertemuan. Teknik pengumpul data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara, penilaian unjuk kerja, daan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian tersebut, dapat penulis simpulkan bahwa mengembangkan kercerdasan kognitif anak melalui penggunaan media kartu bergambar geometri cukup baik sehingga dalam setiap pertemuan pemebelajaran anak semakin berkembang. Hasil penelitian menunjukan bahwa peneliti mengembangkan kognitif melalui media kartu bergambar geometri ini layak digunakan sebagai penunjang bahan ajar. Peningkatan dapat dibuktikan dari hasil siklus I dengan sebesar 30% pada siklus II sebesar 85%. Kata kunci: Penggunaan Media Kartu Bergambar Geometri, Kognitif
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | Pendidikan Islam Anak Usia Dini |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Islam Anak Usia Dini |
Depositing User: | LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI |
Date Deposited: | 05 Jan 2022 03:57 |
Last Modified: | 05 Jan 2022 03:57 |
URI: | http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/16947 |
Actions (login required)
View Item |