PENGEMBANGAN BUKU CERITA ANAK BERBASIS NILAI KARAKTER SEMANGAT KEBANGSAAN DAN CINTA TANAH AIR UNTUK PESERTA DIDIK KELAS IV SD/MI

Putri, Maesaturofiqoh (2022) PENGEMBANGAN BUKU CERITA ANAK BERBASIS NILAI KARAKTER SEMANGAT KEBANGSAAN DAN CINTA TANAH AIR UNTUK PESERTA DIDIK KELAS IV SD/MI. Undergraduate thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of SKRIPSI 1-2.pdf] PDF
Download (7MB)
[thumbnail of SKRIPSI Putri Maesaturofiqoh.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (7MB)

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini dilator belakangi oleh keterbatasan buku bacaan sebagai implementasi penanaman nilai karakter dan belum adanya pengembangan buku cerita anak berbasis nilai karakter semangat kebangsaan dan cinta tanah air. Anak-anak usia Sekolah Dasar harusnya diberikan alternative untuk menanamkan nilai karakter semangat kebangsaan dan cinta tanah air berupa buku cerita berbasis nilai karakter tersebut, dari pengembangan yang dilakukan dalam penelitian ini diharapkan mengembalikan nilai-nilai kebangsaan dan rasa cinta tanah air. Penelitian ini menggunakan model pengembangan 4D yaitu pendefinisian (Define), Perencanaan (Design), Pengembangan (Develop) dan penyebaran (Dessiminate). Validasi kelayakan dilaksanakan oleh tim validator yang terdiri dari dua ahli bahasa, duaahli materi, dua ahli media dan dua pendidik. Uji lapangan terdiri dari uji skala kecil yang terdiri dari 54 peserta didik (31 peserta didik kelas IV SDIT Ulul Albab Banjar Agung Lampung Selatan dan 23 peserta didik MI Terpadu Muhammadiah Bandar Lampung). Sedangkan uji skala besar terdiri dari 112 peserta didik yaitu 63 peserta didik kelas IV SDIT Ulul Albab Banjar Agung Lampung Selatan dan 49 peserta didik kelas IV MI Terpadu Muhammadiyah Bandar Lampung. Berdasarkan hasil validasi ahli media mendapatkan persentase rata-rata 93.5% dengan kriteria “Sangat Layak”. Hasil validasi ahli bahasa mendapatkan persentase 78.5% dengan kriteria “Layak”. Hasil validasi ahli materi mendapatkan persentase 82.25% dengan kriteria “Sangat Layak”. Hasil respon penilaian pendidik mendapatkan hasil akhir dengan persentase 84% dengan kriteria “Sangat Layak”. Kemudian hasil uji coba skala kecil peserta didik mendapatkan persentase rata-rata 88% dengan kriteria “Sangat Layak” dan hasil uji coba skala besar peserta didik mendaptkan hasil persentase 87% dengan kriteria “Sangat Layak”. Dapat disimpulkan bahwa Buku Cerita Anak Berbasis Nilai Karakter Semangat Kebangsaan Dan Cinta Tanah Air Untuk Peserta Didik Kelas IV SD/MI dapat digunakan sebagai bahan ajar. Kata kunci: Buku Cerita, Semangat Kebangsaan dan Cinta Tanah Air.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 05 Jan 2022 03:24
Last Modified: 05 Jan 2022 03:24
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/16943

Actions (login required)

View Item View Item