PENGEMBANGAN MEDIA FLASHCARDS BERBASIS QR-CODE PADA MATA PELAJARAN BAHASA INGGRIS MATERI PARTS OF BODY KELAS V

RIZKA, OLIVIA SURYANI (2022) PENGEMBANGAN MEDIA FLASHCARDS BERBASIS QR-CODE PADA MATA PELAJARAN BAHASA INGGRIS MATERI PARTS OF BODY KELAS V. Undergraduate thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of SKRIPSI 1-2.pdf] PDF
Download (6MB)
[thumbnail of SKRIPSI RIZKA OLIVIA SURYANI .pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan mengembangkan serta menghasilkan produk berupa Flashcards berbasis QR-CODE pada mata pelajaran bahasa Inggris materi parts of body kelas V dan mengetahui bagaimana tingkat kelayakan media sehingga menghasilkan media yang valid, efektif dan responsive. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan angket Penelitian dan pengembangan menghasilkan media Flashcards berbasis QR-CODE yang layak digunakan berdasarkan penilaian dari ahli media, ahli materi, guru mata pelajaran Bahasa Inggris dan Respon peserta didik. Penelitian ini menggunakan metode penelitian dan pengembangan atau Research and Development (R&D). Prosedur pengembangan mengikuti prosedur yang telah dikembangkan Robert Maribe Branch tersebut, yang terdiri dari lima langkah. Kelima langkah tersebut adalah: Analysis (analisis), design (desain), development (pengembangan), implementation (implementasi), evaluation (evaluasi). Untuk mengetahui kelayakan produk, Validasi dilakukan oleh para ahli yaitu validator ahli media, ahli materi, ahli bahasa dan instrumen tes. Uji coba dilakukan melalui dua tahap yaitu uji coba skala kecil dan uji coba skala besar. Berdasarkan hasil validasi ahli media mendapatkan persentase rata�rata % dengan kriteria “Sangat Layak”. Hasil validasi ahli materi mendapatkan persentase 93,33% dengan kriteria “Sangat Layak”. Hasil respon penilaian pendidik mendapatkan hasil akhir dengan persentase 87,5% dengan kriteria “Sangat Layak”. Kemudian hasil uji coba peserta didik skala kecil mendapatkan persentase rata- rata 93% dengan kriteria “Sangat Layak” dan hasil uji coba peserta didik skala besar mendapatkan hasil persentase 94% dengan kriteria “Sangat Layak”. Kata kunci : Flashcard, Parts of body Bahasa Inggris kelas V SD/MI, QR-Code

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 05 Jan 2022 03:13
Last Modified: 05 Jan 2022 03:13
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/16942

Actions (login required)

View Item View Item