Pengaruh pembelajaran pendidikan agama islam dan budaya religius sekolah terhadap kecerdasan emosional peserta didik Smpn 2 Banjar Margo Kabupaten Tulang Bawang

Sultoni, Muhamad (2017) Pengaruh pembelajaran pendidikan agama islam dan budaya religius sekolah terhadap kecerdasan emosional peserta didik Smpn 2 Banjar Margo Kabupaten Tulang Bawang. Masters thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of Cover.pdf]
Preview
PDF
Download (595kB) | Preview
[thumbnail of Halaman_Depan.pdf]
Preview
PDF
Download (5MB) | Preview
[thumbnail of Daftar_Isi.pdf]
Preview
PDF
Download (245kB) | Preview
[thumbnail of Bab_I.pdf]
Preview
PDF
Download (223kB) | Preview
[thumbnail of Bab_II.pdf]
Preview
PDF
Download (357kB) | Preview
[thumbnail of Bab_III.pdf]
Preview
PDF
Download (278kB) | Preview
[thumbnail of Bab_IV.pdf]
Preview
PDF
Download (465kB) | Preview
[thumbnail of Bab_V.pdf]
Preview
PDF
Download (99kB) | Preview
[thumbnail of Daftar_Pustaka.pdf]
Preview
PDF
Download (91kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini mengkaji Pendidikan agama Islam dalam keluarga dan budaya religius sekolah terhadap kecerdasan emosional peserta didik. Penelitian ini dilaksanakan di SMPN 2 Banjar Margo. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah, 1). Apakah ada pengaruh Pendidikan Agama Islam dalam keluarga terhadap kecerdasan emosional peserta didik, 2) Apakah ada pengaruh budaya religius sekolah terhadap kecerdasan emosional peserta, 3) Apakah ada pengaruh Pendidikan Agama Islam dalam keluarga dan budaya religius sekolah terhadap kecerdasan emosional peserta didik. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh pendidikan agama Islam dalam keluarga dan Budaya religius sekolah terhadap kecerdasan emosional peserta didik. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kuantitatif. Populasi penelitian ini adalah peserta didik dan jumlah sampel 27 orang. Data penelitian dikumpulkan melalui metode kuesioner. Data dari kuesioner di analisis dengan menggunakan teknik statistik asosiatif dan analisis korelasi product moment. Hasil penelitian disimpulkan bahwa: 1) Ada pengaruh yang positif dan signifikan antara pendidikan agama Islam dalam keluarga dengan kecerdasan Emosional peserta didik. Hasil uji menunjukkan nilai thitung sebesar 2,532, dan nilai ini lebih besar dan ttabel pada taraf signifikansi 5% yaitu 1,703. Artinya dengan semakin tinggi pendidikan agama Islam dalam keluarga akan berakibat semakin tinggi pula kecerdasan emosional peserta didik. 2) Ada pengaruh yang positif dan signifikan antara budaya religius sekolah terhadap kecerdasan emosional peserta didik. Hasil uji menunjukkan nilai thitung sebesar 2,700, dan nilai ini lebih besar dan ttabel pada taraf signifikansi 5% yaitu 1,703. Artinya dengan semakin tinggi budaya religius sekolah akan berakibat semakin tinggi pula kecerdasan emosional peserta didik. 3) Ada pengaruh yang positif dan signifikan antara pendidikan agama Islam dalam keluarga dan budaya religius sekolah terhadap kecerdasan Emosional peserta didik. Hal ini ditunjukkan dengan nilai fhitung sebesar 0,680. Dikarenakan fhitung lebih besar dari ftabel pada taraf signifikan 5% yakni 0,404 (0,680 > 0,404), artinya bahwa variabel bebas secara bersama-sama memberikan pengaruh yang signifikan terhadap variabel terikat. Dan besaran sumbangan kedua variabel bebas di atas terhadap variabel terikat sebesar 0.24 (24%). Artinya variabel kecerdasan emosional peserta didik dapat dipengaruhi secara bersama-sama oleh pendidikan agama Islam dalam keluarga dan budaya religius sekolah.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: Pendidikan Agama islam
Divisions: Pasca Sarjana > S2 Ilmu Tarbiyah dan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ms. Rohai Inah Indrakasih
Date Deposited: 26 Oct 2017 07:43
Last Modified: 26 Oct 2017 07:43
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/1694

Actions (login required)

View Item View Item