PENGARUH DIFERENSIASI, FINANCIAL LITERACY DAN SERVICE FITUR TERHADAP MINAT NASABAH MENGGUNAKAN KARTU KREDIT SYARIAH (Studi Komparasi Bank Syariah Indonesia KC Lampung dan Bank CIMB Niaga Syariah Lampung)

Puji, Lestari (2022) PENGARUH DIFERENSIASI, FINANCIAL LITERACY DAN SERVICE FITUR TERHADAP MINAT NASABAH MENGGUNAKAN KARTU KREDIT SYARIAH (Studi Komparasi Bank Syariah Indonesia KC Lampung dan Bank CIMB Niaga Syariah Lampung). Undergraduate thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of SKRIPSI 1-2.pdf] PDF
Download (3MB)
[thumbnail of SKRIPSI Puji Lestari.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (10MB)

Abstract

ABSTRAK Kartu kredit syariah merupakan salah satu alat pembayaran yang diterbitkan untuk menunjang transaksi penjualan sesuai dengan prinsip syariah. Jenis kartu kredit syariah yang beragam serta berbagai manfaat dan kemudahan yang ditawarkan menjadi daya tarik tersendiri untuk meningkatkan minat nasabah dalam menggunakannya. Mulai dari diferensiasi produk, peningkatan kualitas pelayanan hingga promosi dilakukan untuk menarik minat nasabah. Semakin banyak manfaat yang diberikan oleh satu produk maka semakin tinggi minat nasabah ingin menggunakannya. Penelitian in ibertujuan untuk mengetahui pengaruh diferensiasi, financial literacy dan service fitur terhadap minat nasabah dalam menggunakan kartu kredit syariah serta mengetahui perbedaan pengaruh variable independen terhadap variable dependen antara Bank Syariah Indonesia dan Bank CIMB Niaga Syariah. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kuantitatif dengan pendekatan deskriptif. Populasi penelitian ini adalah seluruh nasabah Bank Syariah Indonesia KC Lampung dan Bank CIMB Niaga Syariah Lampung. Teknik pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini yaitu teknik non-probability sampling. Jumlah nasabah yang menjadi sampel dalam penelitian ini yaitu 192 nasabah terdiri dari 96 nasabah Bank Syariah Indonesia KC Lampung dan 96 nasabah Bank CIMB Niaga Syariah Lampung. Data yang diolah adalah data primer yang diperoleh peneliti melalui penyebaran kuisoner kepada responden. Metode analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linier berganda dengan bantuan program SPSS 20. Hasil penelitian menunjukan bahwa secara parsial variable diferensiasi, financial literacy dan service fitur berpengaruh positif signifikan terhadap minat nasabah pada masing-masing kelompok sampel. Selain itu hasil uji beda menunjukan setiap variable memiliki perbedaan pengaruh yang signifikan antar kelompok sampel. Kata kunci : diferensiasi, financial literacy, service fitur, minat nasabah

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Perbankan Syariah
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syariah
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 05 Jan 2022 02:59
Last Modified: 05 Jan 2022 02:59
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/16939

Actions (login required)

View Item View Item