KEPEMIMPINAN KEPALA MADRASAH DALAM MENGEMBANGKAN BUDAYA SEKOLAH ISLAMI DI MADRASAH TSANAWIYAH NURUL HUDA SUMBERHADI LAMPUNG TIMUR

Achmad, Zainul Abidin (2022) KEPEMIMPINAN KEPALA MADRASAH DALAM MENGEMBANGKAN BUDAYA SEKOLAH ISLAMI DI MADRASAH TSANAWIYAH NURUL HUDA SUMBERHADI LAMPUNG TIMUR. Undergraduate thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of PERPUS PUSAT BAB 1 DAN 2.pdf] PDF
Download (4MB)
[thumbnail of SKRIPSI-Achmad Zainul Abidin_1711030001.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

ABSTRAK Budaya secara umum adalah norma, nilai, sikap, dan keyakinan yang dimiliki bersama oleh anggota organisasi. Sedangakan yang dimaksud sekolah adalah suatu lembaga dimana menjadi tempat menerima dan memberi pelajaran. Budaya sekolah merujuk pada suatu sistem nilai, kepercayaan dan norma-norma yang diterimasecara bersama, serta dilaksanakan dengan penuh kesadaran sebagai perilaku alami, yang dibentuk oleh lingkungan yang menciptakan pemahaman yang sama diantara seluruh unsur dan personel sekolah baik itu kepala sekolah, guru, staff, siswa, dan jika perlu membentuk opini masyarakat yang sama dengan sekolah. Dengan demikian tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui Bagaimana Kepemimpinan Kepala Madrasah di Madrasah Tsanawiyah Nurul Huda Sumberhadi Lampung Timur, Bagaimana Budaya Sekolah Islami di Madrasah Tsanawiyah Nurul Huda Sumberhadi Lampung Timur, serta Bagaimana Upaya Kepala Madrasah Dalam Mengembangkan Budaya Sekolah Islami di Madrasah Tsanawiyah Nurul Huda Sumberhadi Lampung Timur. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif, yang menekankan pada kualitas atau mutu suatu penelitian, yang mengacu pada teori, konsep, defenisi, karakteristik, maupun simbol-simbol. Penelitian ini menggunakan metode pengumpulan data dengan cara wawancara, observasi, dan dokumentasi untuk menjawab rumusan masalah yang berkaitan dengan kepemimpinan kepala madrasah terhadap pengembangan budaya sekolah islami di Mts Nurul Huda Sumberhadi Lampung Timur, Hasil dari penelitian ini adalah, Kepemimpinan di MTs. Mts Nurul Huda Sumberhadi Lampung Timur merupakan kepemimpinan yang beriorentasi pada visi dan misi, mengambil keputusan dengan cara musyawarah serta mengambil kebijakan yang tidak merugikan banyak pihak, Budaya sekolah Islami yang diterapkan di Mts Nurul Huda Sumberhadi Lampung Timur adalah Budaya berprilaku yaitu senyum, sapa, salam, sopan, dan santun dan Budaya kebiasaan Keseharian membaca doa sebelum dan sesudah belajar dan berpakaian iii sesuai dengan syariat Islam. Dalam upaya pengembangkan budaya sekolah Islami ini hal yang dilakukan dalam upaya mengembangkan budaya sekolah Islami di Mts Nurul Huda Sumberhadi Lampung Timur banyak melakukan inovasi-inovasi yang sifatnya berkesinambungan dalam mengembangkan setiap budaya sekolah Islami yang ada seperti melestarikan wajib bagi peserta didik, diharapkan dengan pembelajaran ini siswa/siswi mampu menerapkan 5 S ( Senyum, Sapa, Salam, Sopan, dan Santun ), penerapan berpakaian ( berbusana ) sesuai dengan syariat Islam, penerapan membaca doa sebelum belajar dan setelah selesai belajar, penerapan wajib membaca Al-Qur’an, penerapan sholat duha dan penerapan wajib sholat, memberikan sosialisasi dan motivasi kepada seluruh pihak sekolah agar terus bekerjasama mengembangkan budaya�budaya sekolah Islami agar menjadi madrasah yang bisa jadi inspirasi bagi madrasah-madrasah lainnya. Kata Kunci : Kepemimpinan Kepala Madrasah, Budaya Sekolah Islami iv ABSTRACT Culture in general is the norms, values, attitudes, and beliefs shared by members of the organization. While what is meant by school is an institution where it is a place to receive and give lessons. School culture refers to a system of values, beliefs and norms that are mutually accepted, and carried out with full awareness as natural behavior, which is formed by an environment that creates a common understanding among all elements and school personnel, be it principals, teachers, staff, students, and if necessary form the same public opinion as the school. This gives rise to the formulation of problems, among others: How is the leadership of the Madrasah Principal at Madrasah Tsanawiyah Nurul Huda Sumberhadi, East Lampung?, How is the Islamic School Culture in Madrasah Tsanawiyah Nurul Huda Sumberhadi, East Lampung?, How are the Efforts of the Head of Madrasa in Developing Islamic School Culture in Madrasah Tsanawiyah Nurul Huda Sumberhadi East Lampung ? This research is a descriptive qualitative research, which emphasizes the quality or quality of a study, which refers to theories, concepts, definitions, characteristics, and symbols. The research design is descriptive qualitative, so the focus of the research is on the leadership of the madrasah principal on the development of Islamic school culture at Mts Nurul Huda Sumberhadi, East Lampung, using data collection methods by means of Interview, Observation, and Documentation. The results of this study are: (1) Leadership in MTs. Mts Nurul Huda Sumberhadi East Lampung is a vision and mission�oriented leadership, making decisions by deliberation and taking policies that do not harm many parties, (2) Islamic school culture applied at Mts Nurul Huda Sumberhadi East Lampung is a culture of behavior, namely smiling, greetings, greetings, politeness, and manners and Daily habits of reading prayers before and after studying and dressing according to Islamic law. (3) In an effort to develop an Islamic school culture, what is being done in an effort to develop an Islamic school culture at Mts Nurul Huda Sumberhadi, East Lampung, many innovations that are sustainable in nature in v developing every existing Islamic school culture such as preserving compulsory for students are expected With this learning, students are able to apply the 5 S (Smile, Greet, Greeting, Polite, and Courteous), the application of dressing (dressing) in accordance with Islamic law, the application of reading prayers before studying and after finishing studying, the application of compulsory reading of the Qur'an. an, the implementation of the Duha prayer and the application of mandatory prayers, providing socialization and motivation to all schools to continue to work together to develop Islamic school cultures so that they become madrasas that can be an inspiration for other madrasas. Keywords: Madrasah Principal Leadership, Islamic School Culture

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Manajemen Pendidikan Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 05 Jan 2022 02:37
Last Modified: 05 Jan 2022 02:37
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/16936

Actions (login required)

View Item View Item