MANAJEMEN PELAYANAN CALON JAMA’AH HAJI DAN UMRAH DI PT. DAANISH MIKA SALSA TOURS AND TRAVEL SUKARAME KOTA BANDAR LAMPUNG

WAHID, HARSONO (2022) MANAJEMEN PELAYANAN CALON JAMA’AH HAJI DAN UMRAH DI PT. DAANISH MIKA SALSA TOURS AND TRAVEL SUKARAME KOTA BANDAR LAMPUNG. Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of COVER, BAB 1, BAB 2, DAPUS.pdf] PDF
Download (4MB)
[thumbnail of FULL SKRIPSI WAHID.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

ABSTRAK Pelaksanaan ibadah haji dan umrah agar sukses, harus dapat memberikan pelayanan, pembinaan, perlindungan, dari persiapan sebelum perjalanan, maupun setelah pulang ke tanah air, dan mencapai target yang kehendaki, maka perlu adanya pengelolaan dan pelayanan yang baik. Maka peneliti tertarik dan ingin mengetahui bagaimana menajemen pelayanan calon jama’ah haji dan umrah di P.T. DMS tours and Travel pada tahun 2019. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif deskriptif, dengan dua jenis pendekatan penelitian yaitu kepustakaan dan penelitian lapangan. Penelitian ini dilakukan untuk menguraikan Manajemen Pelayanan Calon Jama’ah haji dan Umrah yang diterapkan di P.T. DMS Tours and Travel. Penelitian ini melibatkan beberapa orang sebagai partisipan, yaitu pengurus/ karyawan PT. Daanish Mika Salsa Tours And Travel, dan jama’ah yang telah menggunakan jasa pelayanan PT. Daanish Mika Salsa Tours And Travel. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan intetrview, (wawancara), obsevasi (pengamatan), dokumentasi dan gabungan ketiganya. Teknik pemeriksaan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah triangulasi. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa manajemen pelayanan ibadah haji dan umrah pada PT. Daanish Mika Salsa Tours and Travel, yaitu perencanaan (planning). Proses pengorganisasian (organizing), Proses penggerakan (actuating), Proses pengawasan (controling). Pelayanan yang diberikan PT. Daanish Mika Salsa Tours and Travel yaitu: Pelayanan administrasi, meliputi pendaftaran dan pengurusan dokumen. Pelayanan bimbingan manasik dengan metode ceramah, simulasi dan diskusi. Pelayanan transportasi, yang diberikan adalah pengangkutan jama’ah mulai dari tempat embarkasi, selama berada di Arab Saudi, dan pemulangan kembali ke tempat debarkasi. Pelayanan akomodasi, PT. Daansh Mika Salsa Tours And Travel menyediakan fasilitas hotel berbintang, sesuai dengan paket yang dipilih oleh jama’ah. Pelayanan konsumsi, Setiap jamaah akan mendapatkan makanan sebanyak 3 kali dalam sehari Pelayanan kesehatan, dilakukan sebelum keberangkatan dan ketika pelaksanaan ibadah

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Manajemen Dakwah
Divisions: Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi > Manajemen Dakwah
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 04 Jan 2022 04:26
Last Modified: 04 Jan 2022 04:26
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/16932

Actions (login required)

View Item View Item