PENGARUH PEMBELAJARAN STEM (Science, Technology, Engineering and Mathematics) BERBANTUAN GOOGLE CLASSROOM TERHADAP BERPIKIR KREATIF

Betti, Widiasari (2022) PENGARUH PEMBELAJARAN STEM (Science, Technology, Engineering and Mathematics) BERBANTUAN GOOGLE CLASSROOM TERHADAP BERPIKIR KREATIF. Undergraduate thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of SKRIPSI 1-2.pdf] PDF
Download (5MB)
[thumbnail of SKRIPSI BETTI WIDIASARI .pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

ABSTRAK PENGARUH PEMBELAJARAN STEM (SCIENCE, TECHNOLOGY, ENGINEERING AND MATHEMATICS) BERBANTUAN GOOGLE CLASSROOM TERHADAP BERPIKIR KREATIF Oleh Betti Widiasari Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh pembelajaran STEM (Science, Technology, Engineering and Mathematics) terhadap berpikir kreatif peserta didik pada mata pelajaran IPA materi sistem pernapasan manusia. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kuantitatif dengan Design Quasi Eksperimental. Populasi dalam penelitian ini seluruh peserta didik kelas VIII SMP Negeri 20 Bandar Lampung. Sampel dalam penelitian ini yaitu kelas VIII G sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII H sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data dan instrument penelitian ini berupa tes essay. Tes essay diuji prasyarat dengan uji normalitas serta uji homogenitas. Uji statistic menggunakan uji Independent Sample T-test. Berdasarkan hasil uji normalitas, hasil posttest kelas eksperimen dan kelas kontrol menunjukkan nilai signifikasi diatas 0,05 maka data berdistribusi normal. Pada uji homogenitas, hasil posttest kelas eksperimen dan kelas kontrol menunjukan nilai signifikasi diatas 0,05 maka bersifat homogen karena < 0,05. Pengujian hipotesis dengan menggunakan uji-t didapat nilai signifikasi (2-tailed) sebesar 0,00 artinya pendekatan STEM berbantuan Google Classroom berpengaruh terhadap berpikir kreatif peserta didik. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan, maka menunjukkan bahwa penggunaan pendekatan pembelajaran STEM (Science, Technology, Engineering and Mathematics) memberikan peningkatan terhadap berpikir kreatif peserta didik. Kata Kunci : STEM berbatuan Google Classroom, Kemampuan Berpikir Kreatif

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Biologi
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Biologi
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 04 Jan 2022 04:09
Last Modified: 04 Jan 2022 04:09
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/16929

Actions (login required)

View Item View Item