ANALISIS LEVEL KEMATANGAN PESERTA DIDIK DALAM AKTIVITAS PEMECAHAN MASALAH PADA PEMBELAJARAN BIOLOGI

DIAH, SEKAR AVILIANI (2022) ANALISIS LEVEL KEMATANGAN PESERTA DIDIK DALAM AKTIVITAS PEMECAHAN MASALAH PADA PEMBELAJARAN BIOLOGI. Undergraduate thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of Skripsi 1-2.pdf] PDF
Download (5MB)
[thumbnail of Skripsi DIAH SEKAR AVILIANI.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)

Abstract

ABSTRAK ANALISIS LEVEL KEMATANGAN PESERTA DIDIK DALAM AKTIVITAS PEMECAHAN MASALAH PADA PEMBELAJARAN BIOLOGI Oleh: Diah Sekar Aviliani Level kematangan sejatinya merupakan sifat yang telah dimiliki oleh setiap individu sejak mereka lahir, yang menjadi perbedaan pada level kematangan setiap individu sendiri adalah karena adanya perbedaan perkembangan serta pertumbuhan pada setiap individu. Perkembangan dan pertumbuhan dapat terjadi karena adanya proses biologis, kognitif serta sosio�emosional yang saling berhubungan. Keterhubungan antara sifat-sifat tersebut membuat level kematangan setiap individu akan berbeda, seperti cara berpikir dan memecahkan masalah. Jenis penelitian yang digunakan adalah kualitatif dengan metode deskriptif. Instrumen dalam penelitian ini menggunakan tes dan wawancara. Data-data yang terkumpul dianalisis dengan teknik reduksi data, penyajian data, dan menarik kesimpulan dari data tersebut. Beberapa data yang diperoleh secara kualitatif akan di konversikan ke dalam penskoran kuantitatif. Berdasarkan hasil analisis data penelitian menunjukkan, bahwa level kematangan peserta didik laki-laki dan perempuan pada tingkat sekolah SMP dan SMA memiliki perbedaan dalam aktivitas pemecahan masalah pada pembelajaran biologi. Dimana secara gender, peserta didik perempuan lebih unggul dalam melakukan aktivitas pemecahan masalah dibandingkan peserta didik laki-laki. Dari penelitian yang telah dilakukan kemampuan peserta didik perempuan lebih baik dalam mengerjakan tugas-tugas verbal dibandingkan peserta didik laki-laki. Kemudian dilihat dari segi usia, Peserta didik pada tingkat SMA lebih unggul dalam melakukan aktivitas pemecahan masalah dibandingkan peserta didik pada tingkat SMP. Dikatakan saat anak-anak, seseorang belum memiliki pemikiran serta ide yang baik, hal tersebut akan terus berlanjut sampai pada dewasa dimana seseorang telah mampu berkembang secara kognitif dan mampu memahami hal-hal yang bersifat abstrak. Kata Kunci : Level Kematangan, Pemecahan Masalah, Pembelajaran Biologi, Gender, Usia. iv ABSTRACT ANALYSIS MATURITY LEVEL OF STUDENTS IN TROUBLESHOOTING ACTIVITIES ON BIOLOGY LEARNING By: Diah Sekar Aviliani The maturity level is actually a trait that has been possessed by each individual since they were born, the difference in the maturity level of each individual is due to differences in the development and growth of each individual. Development and growth can occur because of biological, cognitive and socio-emotional processes that are interconnected. The connection between these traits makes the level of maturity of each individual will be different, such as ways of thinking and solving problems. The type of research used is qualitative with descriptive method. The instrument in this study used tests and interviews. The data collected were analyzed by data reduction techniques, data presentation, and drawing conclusions from the data. Some of the data obtained qualitatively will be converted into quantitative scoring. Based on the results of research data analysis shows that the maturity levels of male and female students at the junior and senior high school levels have differences in problem solving activities in biology learning. Where in terms of gender, female students are superior in problem solving activities than male students. From the research that has been done the ability of female students is better in doing verbal tasks than male students. Then in terms of age, students at the high school level are superior in carrying out problem solving activities than students at the junior high school level. It is said that when a person is a child, a person does not yet have good thoughts and ideas, this will continue until adulthood where a person has been able to develop cognitively and be able to understand abstract things. Keywords: Maturity Level, Problem Solving, Biology Learning, Gender, Age.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Biologi
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Biologi
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 04 Jan 2022 04:02
Last Modified: 04 Jan 2022 04:02
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/16928

Actions (login required)

View Item View Item