TINJAUAN HUKUM ISLAM TERHADAP SISTEM PENENTUAN UPAH PENGANTAR BARANG (Studi di Outfit Apparel Kelurahan Way Halim Kecamatan Way Halim Bandar Lampung)

REVI, ANITA SARI (2022) TINJAUAN HUKUM ISLAM TERHADAP SISTEM PENENTUAN UPAH PENGANTAR BARANG (Studi di Outfit Apparel Kelurahan Way Halim Kecamatan Way Halim Bandar Lampung). Undergraduate thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of SKRIPSI 2.pdf] PDF
Download (3MB)
[thumbnail of SKRIPSI REVI ANITA SARI.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK Outfit Apparel, Kelurahan Way Halim Kecamatan Way Halim Kota Bandar Lampung, sebuah toko yang menjual berbagai produk yaitu baju, pomade (minyak rambut), sepatu pria ataupun wanita, sandal pria ataupun wanita. Outfit Apparel mengadakan berbagai promo dengan mengadakan gratis ongkir dengan menyediakan kurir sendiri, dengan sistem pengupahan kurir sesuai dengan jumlah pesanan bukan berdasarkan jarak alamat konsumen. Dengan sistem pengupahan seperti ini terkadang kurir menerima upah yang tidak sesuai dengan jarak pengiriman. Pada akad yang disepakati diawal, terjadi adanya perubahan perjanjian yang telah disepakati oleh kedua belah pihak setelah satu bulan bekerja, yaitu pada awal perjanjian mengenai bahan bakar dan kendaraan akan disediakan oleh pihak toko, akan tetapi pada satu bulan pertama pemilik toko melakukan perubahan perjanjian, yaitu bahan bakar dan kendaraan ditanggung oleh kurir. Permasalahan dalam penelitian ini adalah bagaimana praktik sistem penentuan upah pengantar barang di Outfit Apparel Kelurahan Way Halim Kecamatan Way Halim Bandar Lampung, dan bagaimana tinjauan hukum Islam terhadap sistem penentuan upah pengantar barang di Outfit Apparel Kelurahan Way Halim Kecamatan Way Halim Bandar Lampung. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui praktik sistem penentuan upah pengantar barang di Outfit Apparel Kelurahan Way Halim Kecamatan Way Halim Bandar Lampung, dan untuk mengetahui tinjauan hukum Islam terhadap sistem penentuan upah pengantar barang di Oufit Apparel Kelurahan Way Halim Kecamatan Way Halim Bndar Lampung. Sumber data yang digunakan adalah sumber data primer dan sekunder. Jenis penelitian yang dilakukan dalam skripsi ini adalah penelitian lapangan (field research) dengan teknik analisis secara induktif. Berdasarkan hasil penelitian dapat dikemukakan bahwa praktik sistem penentuan upah pengantar barang di Outfit Apparel Kelurahan Way Halim Kecamatan Way Halim, Bandar Lampung dilakukan berdasarkan kesepakatan bersama yaitu setiap pengiriman barang mencapai 5 orderan akan dikenakan upah sebesar Rp. 25.000,- (Dua Puluh Lima Ribu Rupiah) untuk 10 orderan dikenakan upah Rp. 55.000,- (Lima Puluh Lima Ribu Rupiah) dan untuk di atas 10 orderan akan dikenakan biaya tetap sebesar Rp. 85.000,- (Delapan Puluh Lima Ribu Rupiah). Adapun kendaraan dan uang bensin disediakan dari pihak Toko. Namun dalam praktiknya ternyata kendaraan dan uang bensin dikembalikan kepada kurir sehingga bukan menjadi tanggung jawab pihak toko. Menurut Hukum Islam Upah pengantar barang di Outfit Apparel Kelurahan Way Halim Kecamatan Way Halim Bandar Lampung ini tidak sah karena belum terpenuhinya salah satu syarat sahnya Ijarah, yaitu adanya ketidaksesuaian akad di awal dengan praktik yang terjadi di lapangan, berkenaan atas kendaraan dan jasa bensin, sehingga merugikan pihak kurir.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Muamalah (Hukum Ekonomi Syariah)
Divisions: Fakultas Syariah > Muamalah (Hukum Ekonomi Syariah)
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 04 Jan 2022 03:43
Last Modified: 04 Jan 2022 03:43
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/16925

Actions (login required)

View Item View Item