KEPEMIMPINAN AFILIATIF KEPALA MIN 12 BANDAR LAMPUNG TAHUN AJARAN 2021 / 2022

Widya, Kurniati (2022) KEPEMIMPINAN AFILIATIF KEPALA MIN 12 BANDAR LAMPUNG TAHUN AJARAN 2021 / 2022. Undergraduate thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of bab 1,5 dapus.pdf] PDF
Download (3MB)
[thumbnail of skripsi widya kurniati.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK Ada beberapa indikator yang menjadi acuan kepala madrasah dalam memimpin serta mengarahkan suatu lembaga pendidikan, ialah dengan cara menekankan kolaborasi, mendorong interaksi yang ramah, menumbuhkan relasi pribadi dan mengembangkan jaringan relasi dengan orang-orang yang dipimpinnya. Indikator yang telah dijabarkan diatas merupakan indikator dari kepemimpinan afiliatif. Kepemimpinan afiliatif ialah kemampuan yang dimiliki seseorang untuk mempengaruhi orang lain dengan pendekatan interaksi sosial yang tinggi. Dari penjabaran diatas dapat ditarik kesimpulan bahwa penelitian ini membahas tentang kepemimpinan afiliatif kepala MIN 12 Bandar Lampung. Yang mana tujuan dari penelitian ini ialah untuk mengetahui serta memahami cara kepala MIN 12 Bandar Lampung dalam menekankan kolaborasi, mendorong interaksi yang ramah, membangun relasi pribadi dan mengembangkan jaringan relasi dengan orang-orang yang dipimpinnya. Adapun jenis penelitian dari skripsi ini ialah deskriptif kualitatif yang menggunakan alat pengumpulan data berupa wawancara (interview). Serta uji keabsahan data dari penelitian ini ialah menggunakan triangulasi sumber. Objek dari penelitian ini ialah tentang kepemimpinan afiliatif kepala madrasah dan subjek dari penelitian ini ialah kepala madrasah. Berdasarkan hasil wawancara dengan narasumber tentang penelitian kepemimpinan afiliatif kepala MIN 12 Bandar Lampung ialah sebagai berikut: 1) Cara kepala madrasah dalam menekankan kolaborasi terhadap guru dan staf di madrasah yakni dengan cara memberi tugas, menjabarkan dan mencontohkan tugas yang akan dikerjakan, memberi arahan mengenai tugas yang akan dikerjakan, mengamati, memotivasi dan membantu jika ada kesulitan. 2) Cara kepala madrasah dalam mendorong interaksi yang ramah terhadap guru dan staf di madrasah yakni dengan mendekatkan diri terlebih dahulu terhadap bawahannya dengan cara sering bertegur sapa bila berjumpa bawahannya, bersikap terbuka dan peka ataupun tanggap. 3) Cara kepala madrasah dalam menumbuhkan relasi pribadinya yakni dengan cara kepala madrasah mengetahui terlebih dahulu keinginan dan kenyamanan diri sendiri serta keinginan dan kenyamanan bawahannya. Setelah itu kepala madrasah berinteraksi dengan baik untuk menjaga keharmonisan hubungan. 4) Cara kepala madrasah dalam mengembangkan jaringan relasi dengan orang�orang yang dipimpinnya yakni dengan cara menjaga komunikasi yang sudah dibangun dengan baik serta bersikap fleksibel. Kata Kunci: Kepemimpinan Afiliatif Kepala Madrasah iii ABSTRACT There are several indicators that have become a reference for the principal when the principal leading and directing an educational institution, namely by emphasizing collaboration, encouraging friendly interactions, growing personal relationships and developing a network of relationships with people who have been led by the principal. The indicators described above are indicators of affiliate leadership. Affiliative leadership is the ability that a person has to influence others with a high social interaction approach. From the description above, it can be concluded that this study discusses the affiliative leadership of the principal MIN 12 Bandar Lampung. The purpose of this research is to find out and understand how the principal MIN 12 Bandar Lampung emphasizes collaboration, encourages friendly interaction, builds personal relationships and develops a network of relationships with people who have been led by the principal. The type of research from this thesis is descriptive qualitative which uses data collection tools in the form of interviews. And test the validity of the data from this research is to use triangulation of sources. The object of this research is the affiliative leadership of the principal and the subject of this research is the principal. Based on the results of interviews with resource persons regarding research on the affiliative leadership of the principal MIN 12 Bandar Lampung, they are as follows: 1) The method from the principal of emphasizes collaboration with teachers and staff at the madrasa is by giving assignments, describing and giving examples of the tasks to be done, giving directions regarding assignments. what to do, observing, motivating and helping if there are difficulties. 2) The method from the principal of encouraging friendly interactions with teachers and staff at the madrasa is by getting closer to his subordinates by frequently greeting his subordinates when he meets his subordinates, being open and sensitive or responsive. 3) The method from the principal in growing his personal relationship is by knowing in advance the desires and comforts of himself as well as the desires and comforts of his subordinates. After that the principal interacted well to maintain harmonious relations. 4) The method from the principal of developing a network of relationships with the people who have been lead by the him is by maintaining well-established communication and being flexible. Keywords: Principal Affiliative Leadership

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Manajemen Pendidikan Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 04 Jan 2022 03:30
Last Modified: 04 Jan 2022 03:30
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/16923

Actions (login required)

View Item View Item