PERAN KEPEMIMPINAN KEPALA MADRASAH DALAM MENINGKATKAN MUTU PENDIDIKAN DI MADRASAH IBTIDAIYAH MUHAMMADIYAH SERBAJADI LAMPUNG SELATAN

Aila, Khairunnisa (2022) PERAN KEPEMIMPINAN KEPALA MADRASAH DALAM MENINGKATKAN MUTU PENDIDIKAN DI MADRASAH IBTIDAIYAH MUHAMMADIYAH SERBAJADI LAMPUNG SELATAN. Undergraduate thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of Skripsi 1-2.pdf] PDF
Download (2MB)
[thumbnail of Skripsi Aila Khairunnisa.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK Kepemimpinan kepala madrasah adalah suatu kegiatan yang dilakukan kepala madrasah sebagai pemimpin di madrasah untuk menggerakkan, mempengaruhi, memberikan motivasi dan mengarahkan agar para guru dan staf lainnya di madrasah melaksanakan tugas dan tanggung jawab dengan sebaik-baiknya, sehingga tercapai tujuan madrasah yang efektif dan efisien. Namun, peran guru dalam penyelenggaraan pendidikan sangat dominan terhadap pencapaian mutu pendidikan. Oleh karena itu, upaya mempersiapkan sumber daya manusia dalam hal ini seorang guru yang profesional. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis : 1) Peran Kepemimnpinan kepala madrasah dalam mengarahkan, 2) Peran Kepemimpinan kepala madrasah dalam memberikan motivasi, 3) Peran Kepemimpinan kepala madrasah dalam mengambil keputusan. Metode Penelitian yang digunakan ini bersifat penelitian kualitatif deskriptif, dengan alat pengumpul data berupa wawancara, observasi, dan dokumentasi yang diambil dari kepala madrasah dan guru. Dalam penelitian ini, penulis menggunakan Data Reduction (Reduksi Data), Data Display (Penyajian Data), dan Conclusion Drawing (Verifikasi Data atau penarikan kesimpulan). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa peran kepemimpinan kepala madrasah dalam meningkatkan mutu pendidikan di MI Muhammadiyah Serbajadi Lampung Selatan meliputi: mengarahkan, memberi motivasi, dan mengambil keputusan sudah dilakukan cukup baik. Dalam mengarahkan, kepala madrasah memberi arahan kepada warga sekolah dengan tujuan untuk memberi instruksi atau perintah supaya dalam mengerjakan tugas-tugasnya dapat secara maksimal dengan baik, upaya yang dilakukan kepala madrasah dalam memotivasi meliputi dengan cara sikap disiplin kepada warga sekolah agar dapat mencontohkan dan memberikan penghargaan bagi setiap warga sekolah yang sudah mengharumkan nama sekolah/madrasah MI Muhammadiyah Serbajadi Lampung Selatan. Dalam mengambil keputusan, kepala madrasah selalu dalam mengutamakan musyawarahuntuk dapat menerima pendapat-pendapat dari para bawahannya, untuk mencari solusi terbaik dengan mengikutsertakan bawahan dalam mengambil suatu keputusan tersebut. Kata Kunci: Kepemimpinan Kepala Madrasah, Mutu Pendidikan iii ABSTACT Madrasah principal leadership is an activity carried out by madrasah principals as leaders in madrasas to move, influence, motivate and direct teachers and other staff in madrasas to carry out their duties and responsibilities as well as possible, so that effective and efficient madrasa goals are achieved. However, the teacher's role in the provision of education is very dominant in achieving the quality of education. Therefore, efforts to prepare human resources in this case are a professional teacher. This study aims to analyze: 1) the leadership role of the madrasa head in directing, 2) the leadership role of the madrasa head in providing motivation, 3) the leadership role of the madrasa head in making decisions. The research method used is descriptive qualitative research, with data collection tools in the form of interviews, observations, and documentation taken from the principal and teachers. In this study, the author uses Data Reduction, Data Display, and Conclusion Drawing (Data Verification or drawing conclusions). The results of this study indicate that the leadership role of the madrasah principal in improving the quality of education at MI Muhammadiyah Serbajadi South Lampung includes: directing, motivating, and making decisions quite well. In directing, the head of the madrasah gives direction to the school community with the aim of giving instructions or orders so that in carrying out their duties they can be optimally well done, the efforts made by the madrasah principal in motivating include disciplinary attitudes to school residents so that they can set an example and give awards. for every school member who has made the name of the school/madrasah MI Muhammadiyah Serbajadi South Lampung proud. In making decisions, the headmaster always prioritizes deliberation to be able to accept the opinions of his subordinates, to find the best solution by involving subordinates in making a decision. Keywords: Madrasah Principal Leadership, Education Quality

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Manajemen Pendidikan Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 03 Jan 2022 07:30
Last Modified: 03 Jan 2022 07:30
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/16919

Actions (login required)

View Item View Item