KOMPETENSI PROFESIONAL GURU DALAM MENGEMBANGKAN KUALITAS PEMBELAJARAN PAI DI SMAN 1 TANJUNG RAJA

HARITS, MUTTAQIN (2022) KOMPETENSI PROFESIONAL GURU DALAM MENGEMBANGKAN KUALITAS PEMBELAJARAN PAI DI SMAN 1 TANJUNG RAJA. Masters thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of TESIS BAB 1&2.pdf] PDF
Download (7MB)
[thumbnail of TESIS FULL HARITS MUTTAQIN.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (7MB)

Abstract

ABSTRAK Pendidikan merupakan salah satu jalur untuk meningkatkan sumber daya manusia, selain itu pendidikan merupakan sarana bagi seseorang untuk mencari ilmu sebagai suatu kebutuhan agar memiliki wawasan yang lebih luas dan mampu menerapkannya dalam kehidupan masyarakat. Pendidikan dan pembelajaran di sekolah memang tidak terlepas dari peran guru, hal ini tercantum dalam Undang�Undang RI No.14 Tahun 2005 pasal 10 disebutkan bahwa guru sebagai agen pembelajaran harus memiliki 4 kompetensi yakni kompetensi pedagogik, kompetensi kepribadian, kompetensi sosial dan kompetensi profesional. Kompetensi profesional adalah suatu kemampuan yang dimiliki oleh seseorang dalam bidang tertentu yang ditekuni oleh seseorang yang mana pekerjaan itu harus memiliki keahlian yang diperoleh melalui pendidikan khusus. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui bagaimana kompetensi profesional guru dalam perencanaan pembelajaran PAI di SMA N 1 Tanjung Raja, mengetahui bagaimana kompetensi profesional guru dalam pelaksanaan pembelajaran PAI di SMA N 1 Tanjung Raja, serta mengetahui bagaimana kompetensi profesional guru dalam mengevaluasi pembelajaran PAI di SMA N 1 Tanjung Raja. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian Field Research (penelitian lapangan). Sumber data primer meliputi kepala sekolah, guru PAI, dan siswa sedangkan data skunder diperoleh melalui dokumen-dokumen terkait penelitian yang ada disekolah. Metode pengumpulan data yaitu wawancara, observasi dan dokumen. Teknik analisis data penelitian ini menggunakan teori Miles & Huberman yaitu reduksi data, penyajian data, dan kesimpulan. Uji keabsahan data yang penulis gunakan adalah triangulasi sumber dalam penelitian “Kompetensi professional guru dalam mengembangkan kualitas pembelajaran PAI di SMA N 1 Tanjung Raja.” Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa guru PAI di SMA N 1 Tanjung Raja dalam Perencanaan pembelajaran PAI telah direncanakan dan disusun yang dimulai dari penyusunan silabus dan rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP). Dalam Pelaksanaan Pembelajaran PAI terdapat beberapa komponen-komponen yang ada pada kegiatan, yang meliputi kegiatan awal, inti, dan penutup belum semuanya diterapkan atau dilaksanakan dengan baik. Dalam Evaluasi Pembelajaran guru melakukan penilaian dengan continue juga adil, dilakukan dengan cara tes tertulis yang dikumpul melalui whatssapp atau Google Classroom mengukur ranah kognitif. Dalam penilaian ranah afektif dan psikomotorik dimasa pandemi guru belum mengukur penilaian sikap maupun keterampilan dikarenakan kurangnya media yang dipakai guru dan kondisi lingkungan disekitar siswa yang kurang mendukung Kata kunci: Kompetensi Profesional, Kualitas Pembelajaran, Perencanaan, Pelaksanaan, Evaluasi, Pendidikan Agama Islam. iv ABSTRAC Education is one way to improve human resources, besides that education is a means for someone to seek knowledge as a necessity in order to have broader insights and be able to apply it in people's lives. Education and learning in schools cannot be separated from the role of the teacher, this is stated in the Republic of Indonesia Law No. 14 of 2005 article 10 which states that teachers as learning agents must have 4 competencies, namely pedagogic competence, personality competence, social competence and professional competence. Professional competence is an ability possessed by a person in a particular field that is occupied by someone in which the job must have expertise obtained through special education. The purpose of this study was to find out how the professional competence of teachers in planning PAI learning at SMA N 1 Tanjung Raja, knowing how professional competence of teachers in implementing PAI learning at SMA N 1 Tanjung Raja, and knowing how professional competence of teachers in evaluating PAI learning at SMA N 1 Tanjung Raja. This research uses the type of research field research (field research). Primary data sources include school principals, PAI teachers, and students while secondary data is obtained through documents related to existing research in schools. Data collection methods are interviews, observations and documents. The data analysis technique of this research uses the theory of Miles & Huberman, namely data reduction, data presentation, and conclusions. The test of the validity of the data that the author uses is triangulation of sources in the research "Professional competence of teachers in developing the quality of PAI learning at SMA N 1 Tanjung Raja." The results of this study indicate that PAI teachers at SMA N 1 Tanjung Raja in PAI learning planning have been planned and compiled starting from the preparation of the syllabus and lesson plans (RPP). In the implementation of PAI learning, there are several components that exist in the activity, which includes the initial, core, and closing activities, not all of them have been implemented or implemented properly. In the Learning Evaluation, the teacher conducts a continuous and fair assessment, carried out by means of a written test collected through WhatsApp to measure the cognitive domain. In assessing the affective and psychomotor domains during the pandemic, teachers have not measured attitude or skill assessments due to the lack of media used by teachers and environmental conditions around students that are less supportive. Keywords: Professional Competence, Learning Quality, Planning, Implementation, Evaluation, Islamic Religious Education

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: Pendidikan Agama islam
Divisions: Pasca Sarjana > S2 Ilmu Tarbiyah dan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 03 Jan 2022 06:39
Last Modified: 03 Jan 2022 06:39
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/16912

Actions (login required)

View Item View Item