PERAN PENGELOLA TAMAN PENDIDIKAN AL-QUR’AN AS-SALAM DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA MEMAHAMI DAN MENGAMALKAN AL-QUR’AN PADA SANTRI

Widari, Mandasari (2022) PERAN PENGELOLA TAMAN PENDIDIKAN AL-QUR’AN AS-SALAM DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA MEMAHAMI DAN MENGAMALKAN AL-QUR’AN PADA SANTRI. Undergraduate thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of PERPUS PUSAT BAB 1 DAN 2.pdf] PDF
Download (3MB)
[thumbnail of SKRIPSI_WIDARI MANDASARI_1741030031.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (19MB)

Abstract

ABSTRAK Taman Pendidikan Al-Qur’an As-Salam Desa Ciamis adalah lembaga keagamaan non formal yang mengajarkan anak mengaji dan ajaran agama Islam. Untuk meningkatkan kemampuan santri di perlukan pengelolaanya yang baik. Penelitian ini bertujuan mengetahui peran pengelola TPQ As-Salam dalam meningkatkan kemampuan membaca, memahami dan mengamalkan Al-Qur’an pada santri. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan. Data bersumber dari pengelola yang dipilih secara porvosive. Metode pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi dan dokumentasi. Analisis data menggunakan analisa deskritif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peran pengelola dalam meningkatkan kemampuan santri meliputi: Planning (Perencanaan) yaitu melakukan penyusunan program-program baik program jangka pendek maupun jangka panjang, Organizing (Pengorganisasain) dengan melakukan pembagian kerja yang tepat sesuai tugas dan tanggung jawab masing�masing pengelola, Actuating (Pelaksanaan) dengan penerapan metode�metode pengajaran, pemberian motivasi dan menjalin komunikasi yang baik dengan santri dan Controling (Pengawasan) dengan melihat langsung perkembangan program yang telah terlaksana. Kata Kunci : Peran Pengelola, Meningkatkan Kemampuan Membaca, Memahami dan Mengamalkan Al-Qur’an, Santri. iii ABSTRACT TPQ As-Salam is a non formal religious. TPQ As-Salam have management in optimizing management to improve the capability of students. To improve the ability of students in need of good management. This study aims to determine the role of TPQ As-Salam manager in improving the ability to read, understand and practice the qur’an in students. This research is a fieled research. The data is sourced from the manager who is chosen porvosively. Data collection methods using interviews, observation and documentation. Data analysis used qualitative descriptive analysis. The results of thr study show that the role of managers in improving the ability of students includes: planning namely making programs, both short-term programs and long-term programs. Organizing by doing the right division of work according to the duties and responsibilities of each manager. Actuating by applaying teaching methods, providing motivation and establishing good communication by looking directly at the development of programs that have been implemented. Keywords: The Role of Managers, Improving the ability to read, understand and practice the Qur’an.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Manajemen Dakwah
Divisions: Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi > Manajemen Dakwah
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 03 Jan 2022 05:00
Last Modified: 03 Jan 2022 05:00
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/16911

Actions (login required)

View Item View Item