Hubungan kompetensi profesional guru Qur'an hadist dan motivasi belajar terhadap hasil belajar siswa di Ma Nurul Ulum Tulungagung Kec Gading Rejo Kab Pringsewu

Turrohmah , Maidah (2017) Hubungan kompetensi profesional guru Qur'an hadist dan motivasi belajar terhadap hasil belajar siswa di Ma Nurul Ulum Tulungagung Kec Gading Rejo Kab Pringsewu. Masters thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of Cover.pdf]
Preview
PDF
Download (545kB) | Preview
[thumbnail of Halaman_Depan.pdf]
Preview
PDF
Download (8MB) | Preview
[thumbnail of Daftar_Isi.pdf]
Preview
PDF
Download (932kB) | Preview
[thumbnail of Bab_I.pdf]
Preview
PDF
Download (455kB) | Preview
[thumbnail of Bab_II.pdf]
Preview
PDF
Download (654kB) | Preview
[thumbnail of Bab_III.pdf]
Preview
PDF
Download (496kB) | Preview
[thumbnail of Bab_IV.pdf]
Preview
PDF
Download (517kB) | Preview
[thumbnail of Bab_V.pdf]
Preview
PDF
Download (171kB) | Preview
[thumbnail of Daftar_Pustaka.pdf]
Preview
PDF
Download (136kB) | Preview

Abstract

Kompetensi profesional guru Qur’an Hadits merupakan salah satu dari 4 kompetensi yang harus dimiliki oleh seorang guru. Kompetensi profesional guru Qur’an Hadits yaitu guru mempunyai kemampuan penguasaan materi pelajaran secara luas dan mendalam tentang mata pelajaran Qur’an Hadits. Di MA Nurul Ulum sendiri kompetensi professional guru Qur’an Hadits masih dipertanyakan. Sedangkan motivasi belajar merupakan adalah keadaan yang terdapat dalam diri seseorang yang mendorong untuk melakukan aktivitas tertentu guna mencapai suatu tujuan. Di MA Nurul ulum sendiri motivasi belajar siswa terhadap mata pelajaran Qur’an Hadits masih tergolong rendah, begitu pula dengan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Qur’an Hadits. Karna itu dalam penelitian ini peneliti ingin mencaritahu seberapa besar hubungan ketiga variabel tersebut. Penelitian ini merupakan penelitian asosiatif, dengan populasi penelitian ini sebanyak 201 siswa MA Nurul Ulum, sedangkan untuk sampelnya peneliti menggunakan Norprobality Sampling, dengan teknik sampel sitematis, yakni kelas XIA dan XI IPS yakni sebanyak 54 siswa. Instrumen yang digunakan dalam pengumpulan data ialah angket dan tes, yang terlebih dahulu diuji coba untuk mengetahui valid atau tidaknya. Sedangkan untuk menguji normalitas dan homogenitas data penulis menggunakan uji Lilifors dengan taraf signifikan sebesar 5%, dan uji varians untuk uji homogenitasnya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) hubungan antara kompetensi profesional guru Qur’an Hadits terhadap hasil belajar siswa, (2) hubungan antara motivasi belajar terhadap hasil belajar siswa, (3) hubungan antara kompetensi profesional guru Qur’an Hadits dan motivasi belajar terhadap hasil belajar siswa di MA Nurul Ulum. Pengujian hipotesis dalam penelitian korelasi ada dua yakni: korelasi sederhana dan korelasi ganda. sedangkan dalam penelitian ini, peneliti menggunakan korelasi ganda, dengan rumus product moment dengan taraf signifikansi sebesar 5%. Adapun alat bantu hidung dalam penelitian ini, peneliti menggunakan Ms. Excel dan SPSS 23. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa (1) Terdapat hubungan yang signifikan antara kompetensi profesional guru Qur’an Hadits terhadap hasil belajar, yakni sebesar 0,312 atau sebesar 9,73%. (2) Terdapat hubungan yang signifikans antara motivasi belajar terhadap hasil belajar siswa, yakni sebesar 0,306 atau sebesar 9,36%. (3) Terdapat hubungan yang signifikan antara kompetensi profesional guru Qur’an Hadits dan motivasi belajar terhadap hasil belajar siswa, yakni sebesar 0,468, atau sebesar 21,90%.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: Pendidikan Agama islam
Divisions: Pasca Sarjana > S2 Ilmu Tarbiyah dan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ms. Rohai Inah Indrakasih
Date Deposited: 26 Oct 2017 07:25
Last Modified: 26 Oct 2017 07:25
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/1691

Actions (login required)

View Item View Item