TINJAUAN HUKUM ISLAM TERHADAP UPAH JASA PENGELOLAAN KEBUN KARET (Studi Di Desa Negara Ratu Kecamatan Sungkai Utara Kabupaten Lampung Utara)

FIRMANSYAH, Erwan Saidi (2022) TINJAUAN HUKUM ISLAM TERHADAP UPAH JASA PENGELOLAAN KEBUN KARET (Studi Di Desa Negara Ratu Kecamatan Sungkai Utara Kabupaten Lampung Utara). Undergraduate thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of BAB 1 5 DAPUS.pdf] PDF
Download (1MB)
[thumbnail of SKRIPSI LENGKAP CETAK FIRMANSYAH.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK Upah merupakan salah satu hal penting bagi para pekerja dalam melakukan suatu pekerjaan. Dalam melakukan pekerjaan dan besarnya pengupahan, seseorang itu ditentukan melalui standar kompetensi yang dimilikinya. Seperti praktik upah jasa pengelolaan kebun karet yang terjadi di Desa Negara Ratu Kecamatan Sungkai Utara Kabupaten Lampung Utara yang akad pembayaran upahnya dengan sistem pengelola diberikan kebebasan untuk menanam tumbuhan di antara pohon karet sampai umur pohon karet 6 tahun. Lalu setelah beberapa tahun pengelola merawat kebun tersebut upah yang didapat pengelola dari hasil penjualan tumbuhan diantara pohon karet tersebut mengalami penurunan. Adapun permasalahan dalam penelitian ini adalah 1. Bagaimana praktik pembayaran upah jasa pengelolaan kebun karet di Desa Negara Ratu Kecamatan Sungkai Utara Kabupaten Lampung Utara. 2. Bagaimana tinjauan Hukum Islam tentang praktik upah jasa pengelolaan kebun karet di Desa Negara Ratu Kecamatan Sungkai Utara Kabupaten Lampung Utara. Tujuan penelitian ini adalah 1. Untuk mengetahui praktik pembayaran upah jasa pengelolaan kebun karet di Desa Negara Ratu Kecamatan Sungkai Utara Kabupaten Lampung Utara 2. Untuk mengetahui tinjauan Hukum Islam tentang praktik upah jasa pengelolaan kebun karet di Desa Negara Ratu Kecamatan Sungkai Utara Kabupaten Lampung Utara. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan (Field Research). Dalam penelitian ini menghasilkan data deskriptif berupa tulisan atau lisan dari orang�orang yang telah diperiksa dalam kancah kehidupan yang sebenarnya. Sumber data yang digunakan ialah sumber data primer dan sekunder. Pengumpulan data melalui observasi, wawancara. Menggunakan metode kualitatif. Setelah data terkumpul maka peneliti melakukan analisis kualitatif dengan menggunakan metode dengan cara berfikir induktif. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan dapat disimpulkan bahwa praktik upah jasa pengelolaan kebun karet yang terjadi di Desa Negara Ratu Kecamatan Sungkai Utara Kabupaten Lampung Utara. Telah sesuai dengan Hukum Islam karena Rukun dan Syarat Ijarah dalam upah jasa ini telah terpenuhi yaitu upahnya telah jelas dari mana sumbernya dan juga akadnya merupakan kesepakatan kedua belah pihak. Mengenai upah yang diterima oleh pengelola/pekerja dari hasil penjualan tumbuhan yang ia tanamkan di antara pohon karet tersebut yang mengalami penurunan hal itu bukanlah kesengajaan dari pemilik kebun melainkan karena faktor pohon karet yang semakin lama semakin membesar. Kata Kunci: Hukum Islam, Jasa, Upah.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Muamalah (Hukum Ekonomi Syariah)
Divisions: Fakultas Syariah > Muamalah (Hukum Ekonomi Syariah)
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 03 Jan 2022 04:28
Last Modified: 03 Jan 2022 04:28
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/16906

Actions (login required)

View Item View Item