ANALISIS MANAJEMEN PELAYANAN RUMAH SAKIT TERHADAP KUALITAS PELAYANAN PUBLIK DITINJAU DARI PERSPEKTIF EKONOMI ISLAM (Studi Pada Rumah Sakit Daerah Abdoel Moeloek Provinsi Lampung)

Ria, Lestari (2022) ANALISIS MANAJEMEN PELAYANAN RUMAH SAKIT TERHADAP KUALITAS PELAYANAN PUBLIK DITINJAU DARI PERSPEKTIF EKONOMI ISLAM (Studi Pada Rumah Sakit Daerah Abdoel Moeloek Provinsi Lampung). Undergraduate thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of PUSAT BAB 1 DAN 2.pdf] PDF
Download (2MB)
[thumbnail of SKRIPSI.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK Rumah sakit adalah salah satu fasilitas pelayanan kesehatan yang merupakan bagian yang sangat diperlukan dalam mendukung penyelenggaraan. Amanat Undang-Undang Dasar RI Tahun 1945 Pasal 28 H ayat (1) yang berbunyi bahwa setiap orang berhak memperoleh pelayanan kesehatan, kemudian pasal 34 ayat (3) yang berbunyi Negara bertanggung jawab atas penyediaan fasilitas pelayanan kesehatan dan fasilitas pelayanan umum yang layak. Fakta yang terjadi di lapangan, hingga kini masih banyak pihak yang mengeluhkan maupun mengkritik pelayanan rumah sakit. Bahkan, masih ditemukan sejumlah pasien BPJS Kesehatan yang diberi pelayanan berbeda dengan pasien umum. Hal ini menandakan bahwa sebagai rumah sakit yang terbesar di Provinsi Lampung, RSUDAM belum dapat memberikan pelayanan yang maksimal. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bentuk manajemen pelayanan yang dilakukan oleh Rumah Sakit Umum Daerah Abdoel Moeloek terhadap kualitas pelayanan publik ditinjau dari persepektif ekonomi Islam. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Penelitian ini menggunakan kenyataan atau realitas lapangan sebagai sumber data primer yang objek utamanya adalah Rumah Sakit Umum Daerah Abdoel Moeloek (RSUDAM). Data pendukung dan pelengkap lainnya adalah dari buku-buku, jurnal-jurnal serta dokumen laporan yang berkaitan dengan materi pembahasan, serta dari sumber sumber lainnya yang berkaitan dengan permasalahan penelitian. Hasil dari penelitian ini adalah, Pelayanan RSUDAM masih perlu banyak melakukan perbaikan dalam segi pelayanan baik dari segi sumber daya manusia, maupun fasilitas yang dibutuhkan dalam memberikan pelayanan kepada pasien. Sejauh ini masih terdapat beberapa hal yang perlu diperhatikan oleh rumah sakit terkait keluhan yang dirasakan dan disampaikan oleh pasien, yaitu kurangnya perhatian dari petugas medis terhadap kondisi pasien sehingga terkesan acuh, kurangnya pendampingan dan penyuluhan kepada pasien mengenai alur pelayanan rumah sakit, serta pelayanan yang terkesan lambat. Penyampaian layanan/jasa harus tepat waktu, akurat, ii dengan perhatian dan keramahan. Penyempurnaan kualitas jasa juga merupakan aspek penting dalam rangka menciptakan kepuasan pelanggan. Setidaknya ini disebabkan oleh faktor biaya, waktu menerapkan program, dan pengaruh layanan pelanggan. Ketiga faktor ini merupakan inti pemahaman dan penerapan suatu sistem yang responsif terhadap pelanggan dan organisasi untuk pencapaian kepuasan optimum. Kata Kunci : Manajemen, Rumah Sakit, Kualitas, Pelayanan Publik

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Manajemen Bisnis Syariah
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Manajemen Bisnis Syariah
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 03 Jan 2022 04:19
Last Modified: 03 Jan 2022 04:19
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/16905

Actions (login required)

View Item View Item