PELAKSANAAN BIMBINGAN KELOMPOK DALAM MENINGKATKAN KEPERCAYAAN DIRI PESERTA DIDIK DI SMPN 23 BANDAR LAMPUNG

Sugi, Hariyanto (2022) PELAKSANAAN BIMBINGAN KELOMPOK DALAM MENINGKATKAN KEPERCAYAAN DIRI PESERTA DIDIK DI SMPN 23 BANDAR LAMPUNG. Undergraduate thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of PUSAT BAB 1 DAN 2.pdf] PDF
Download (2MB)
[thumbnail of SKRIPSI..pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK Percaya diri merupakan suatu pokok dalam membentuk individu yang memiliki potensi diri yang optimal, karena dengan percaya diri yang positif mampu menjadikan individu memiliki keyakinan akan kemampuan dirinya tanpa merasa minder atas kekurangannya. Keberadaan layanan Bimbingan Konseling di sekolah berperan membantu peserta didik untuk mengetahui berbagai informasi, mengajak peserta didik untuk tidak ragu-ragu dalam mencapai aktualisasi diri yang positif. Di dalam bimbingan kelompok membawa pengaruh positif terhadap peserta didik yang memiliki percaya diri rendah. Dengan mengikuti layanan bimbingan kelompok peserta didik yang cenderung pasif dan pendiam dituntut untuk berani mengungkapkan pendapat di depan anggota kelompoknya. Sehingga mampu merubah pola pikir, kebiasaan dan tingkah laku dalam sehari-hari menjadi lebih bermakna dan positif dalam melakukan segala hal yang berhubungan dengan pola sosialisasi dengan orang lain. Dengan adanya informasi tentang pengaruh media pembelajaran berupa tayangan video motivasi dan slide materi yang disampaikan saat pelaksanaan kegiatan dapat diperoleh melalui bimbingan kelompok. Melalui layanan Bimbingan Konseling dengan penggunaan layanan bimbingan kelompok diharapkan agar peserta didik mampu menjadi lebih percaya diri atas kemampuan dan potensi dirinya, mampu mengembangkan potensi dirinya lebih optimal dan menjadikan keyakinannya lebih berani tampil ketika di forum umum baik dalam diskusi maupun kegiatan lainnya. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana upaya yang diberikan guru Bimbingan Konseling untuk membantu meningkatkan percaya diri peserta didik di SMPN 23 Bandar Lampung. Metode penelitian yang digunakan yaitu metode penelitian kualitatif. Teknik pengumpulan data dengan wawancara, observasi, dan dokumentasi digunakan untuk mengidentifikasi peserta didik kelas VIII yang memiliki rasa kurang percaya diri. Teknik keabsahan data menggunakan triangulasi sumber. Hasil penelitian menunjukkan proses layanan bimbingan kelompok yang di lakukan guru BK terlaksana dengan baik dan iii optimal. Dapat terlihat dari perubahan tingkah laku terkait percaya diri peserta didik yang awalnya kurang, ada peserta didik yang pendiam, malu, dan tidak berani saat diminta tampil di depan kelas, tidak berani mengemukakan pendapat saat mengikuti kegiatan diskusi, namun setelah diberikan layanan bimbingan kelompok peserta didik meningkat. Media pembelajaran yang di berikan sesuai dengan RPL yaitu dengan media video motivasi dan slide materi terkait percaya diri. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa upaya yang diberikan guru bimbingan konseling melalui pelaksanaan kegiatan layanan bimbingan kelompok dapat meningkatkan percaya diri peserta didik di SMPN 23 Bandar Lampung. Kata Kunci: Layanan Bimbingan Kelompok, Percaya Diri

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Bimbingan Konseling
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Bimbingan Konseling
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 03 Jan 2022 04:26
Last Modified: 03 Jan 2022 04:26
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/16904

Actions (login required)

View Item View Item