ANALISIS HUKUM ISLAM TENTANG AKAD SEWA MENYEWA ALAT PANEN PADI COMBINE HARVESTER (Studi di Desa Gunung Terang Kecamatan Madang Suku 1 Kabupaten Oku Timur)

ALVIANDI, didik (2022) ANALISIS HUKUM ISLAM TENTANG AKAD SEWA MENYEWA ALAT PANEN PADI COMBINE HARVESTER (Studi di Desa Gunung Terang Kecamatan Madang Suku 1 Kabupaten Oku Timur). Undergraduate thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of PERPUS PUSAT BAB 1 DAN 2.pdf] PDF
Download (3MB)
[thumbnail of skripsi revisi terbaru alviandi.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

ABSTRAK Zaman yang semakin berkembang saat ini dimanfaatkan untuk mencari peluang bisnis sebagai salah satu upaya untuk mencari rezeki salah satunya dengan membuka jasa sewa alat pemanen padi yang dilakukan di Desa Gunung Terang. Jasa alat pemanen padi ini atau yang disebut oleh combine harvester muncul sejak tahun 2018. Harga dalam menyewa mesin panen padi combine harvester yaitu dengan menggunakan sistem tarif bawon disetarakan 8/1. Combine harverster membuat angin segar pada masyarakat desa Gunung Terang. Pasalnya alat ini menawarkan sejuta kemudahan dan keuntungan bagi pemakainya. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana praktik akad sewa menyewa alat panen padi combine harvester di Desa Gunung Terang Kecamatan Madang Suku 1 Kabupaten Oku Timur dan bagaiamana tinjauan hukum Islam terhadap akad sewa Menyewa alat panen padi combine harvester di Desa Gunung Terang Madang Suku 1 Kabupaten Oku Timur, Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaiamana sebenarnya praktik akad sewa menyewa alat panen padi combine harvester di Desa Gunung Terang Kecamatan Madang Suku 1 Kabupaten Oku Timur dan untuk mengetahui hukum terhadap praktik akad sewa menyewa alat panen padi combine harvester di Desa Gunung Terang Kecamatan Madang Suku 1 Kabupaten Oku Timur. Metode penelitian pada skripsi ini meruakan penelitian lapangan (field research), yang bersifat deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Metode pengumpulan data melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Pengelolahan datanya dilakukan melalui editting dan sistematika. Sumber data yang digunakan adalah data primer yaitu data yang diperoleh secara langsung dari pemilik alat pemanen padi dan penyewa alat pemanen padi dan data sekunder diperoleh melalui refrensi buku dan dokumen. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa praktik akad sewa menyewa diawali dengan kesepakatan antara orang yang menyewakan alat panen padi combine harvester dengan penyewa alat panen padi combine harvester, dimana pihak pertama menyewakan alat panen padi combine harvester miliknya kepada pihak kedua untuk diambil manfaatnya dalam jangka waktu tertentu. Sistem pembayaran disesuaikan dengan perolehan hasil panen yang disebut dengan sistem tarif bawon yang disetarakan 8/1, 2). Ditinjau dari persfektif hukum Islam pratik sewa alat panen padi combine harvester yang terjadi di Desa Gunung Terang Kecamatan Madang Suku 1 Kabupaten Oku Timur telah sesuai dengan kajian hukum Islam yang ada dibuktikan dengan adanya sistem yang jelas dan Pelaksanaan akad sewa menyewa alat panen padi Combine Harvester di Desa Gunung Terang menunjukkan nilai tranparansi bagi yang menyewakan maupun oleh penyewa.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Muamalah (Hukum Ekonomi Syariah)
Divisions: Fakultas Syariah > Muamalah (Hukum Ekonomi Syariah)
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 03 Jan 2022 04:09
Last Modified: 03 Jan 2022 04:09
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/16903

Actions (login required)

View Item View Item