PENGARUH GOOD CORPORATE GOVERNANCE TERHADAP MANAJEMEN LABA PADA PERSPEKTIF EKONOMI ISLAM (Studi Pada Perusahaan Makanan dan Minuman yang Terdaftar di ISSI Periode tahun 2017-2020)

Reni, Ade Aprianti (2022) PENGARUH GOOD CORPORATE GOVERNANCE TERHADAP MANAJEMEN LABA PADA PERSPEKTIF EKONOMI ISLAM (Studi Pada Perusahaan Makanan dan Minuman yang Terdaftar di ISSI Periode tahun 2017-2020). Undergraduate thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of PERPUS PUSAT BAB 1 DAN 2.pdf] PDF
Download (3MB)
[thumbnail of SKRIPSI_Reni Ade Aprianti_1751030087.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (7MB)

Abstract

ABSTRAK Tindakan manajemen laba yang telah memunculkan beberapa kasus atau skandal keuangan, baik di dalam maupun di luar negeri. Agency Theory (teori Keagennan) memberikan gambaran bahwa masalah manajemen laba ini sendiri dapat diawasi dengan pengawasan sendiri melalui corporate governance. Praktik dari manajemen laba yang dilakukan manajer dapat ketidaksejajaran kepentingan pemilik dan manajemen. Penelitian ini dirancang untuk memperoleh bukti empiris untuk mengetahui pengaruh good corporate governance terhadap manajemen laba pada perusahaan makanan dan minuman. Corporate governance diproksikan dengan komite audit, ukuran dewan komisaris, kepemilikan institusional dan kepemilikan manajerial. Variabel dependen dalam penelitian ini adalah manajemen laba yang diukur dengan discretionary accrual. Penelitian ini menggunakan 36 sampel perusahaan makanan dan minuman yang terdaftar di Index Saham Syariah Indonesia pada periode 2017-2020 dan menggunakan metode analisis yang digunakan dalam penenlitian ini yaitu regresi linear berganda. Berdasarkan hasil penelitian ini secara Parsial bahwa komite audit memiliki pengaruh negatif dan siginifikan terhadap manajemen laba, dan ukuran dewan komisaris memiliki pengaruh negatif dan tidak signifikan terhadap manajemen laba, sedangkan kepemilikan institusional berpengaruh negatif signifikan dan kepemilikan manajerial memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap manajemen laba. Kata Kunci: corporate governance, manajemen laba, komite audit, ukuran dewan komisaris, kepemilikan institusional, kepemilikan manajeria

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Konsentrasi Akuntansi Syariah
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Konsentrasi Akuntansi Syariah
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 03 Jan 2022 03:50
Last Modified: 03 Jan 2022 03:50
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/16899

Actions (login required)

View Item View Item