LAYANAN KONSELING INDIVIDU DENGAN TEKNIK ASSERTIVE TRAINING UNTUK MENGURANGI KECEMASAN BELAJAR DENGAN CYBER COUNSELING DI SMP NEGERI 2 GADING REJO TAHUN AJARAN 2021/2022

SARAH, RIZKI AULIA (2022) LAYANAN KONSELING INDIVIDU DENGAN TEKNIK ASSERTIVE TRAINING UNTUK MENGURANGI KECEMASAN BELAJAR DENGAN CYBER COUNSELING DI SMP NEGERI 2 GADING REJO TAHUN AJARAN 2021/2022. Undergraduate thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of PERPUS PUSAT BAB 1 DAN 2.pdf] PDF
Download (3MB)
[thumbnail of SKRIPSI SARAH RIZKI.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

ABSTRAK Permasalahan lain dari adanya sistem pembelajaran secara online ini adalah akses informasi yang terkendala oleh sinyal yang menyebabkan lambatnya dalam mengakses informasi. Siswa terkadang tertinggal dengan informasi akibat dari sinyal yang kurang memadai. Akibatnya mereka terlambat dalam mengumpulkan suatu tugas yang diberikan oleh master. Belum lagi bagi master yang memeriksa banyak tugas yang telah diberikan kepada siswa, membuat ruang penyimpanan contraption semakin terbatas.Pendekatan penelitian mengggunakan kuantitatif. Jenis penelitian pada penelitian kali ini merupakan jenis penelitian dengan metode subjek tunggal single subject research (SSR). Untuk mendukung upaya peningkatan kemampuan komunikasi dalam penelitian ini digunakan suatu rancangan eksperimen dengan penelitian subjek tunggal, atua lebih dikenal dengan istilah single subjek research (SSR). Ditunjukan dengan baseline 1 menurun dan dilanjutkan dengan intervensi menurun dengan seiring dilakukannya konseling dan latihan assertif. Dari hasil wawancara peneliti dengan NAS dapat menunjukan bahwa NAS ini memiliki kecemasan dengan tugas sekolah, kurang dukungan orang tua, tidak mengerti dengan tugas yang diberikan, sulit berkonsentrasi , menghindari guru, tidak tenang. Berdasarkan penelitian yang peneliti lakukan yaitu layanan konseling individu dengan teknik assertive training untuk mengurangi kecemasan belajar dengan cyber counseling, dapat ditarik kesimpulan bahwa kecemasan belajar pada salah satu peserta didik yang bernama NAS merupakan kecemasan belajar yang berat, sulit berkonsentrasi, menunda tugas yang diberikan oleh guru, gelisah ketika ditanya oleh guru. Kata kunci : latihan asertif, cyber counseling, kecemasan belajar iii ABSTRACK Another problem with this online learning system is that access to information is constrained by signals that cause slow access to information. Students are sometimes left with information as a result of an inadequate signal. As a result, they are late in collecting an assignment given by the master. Not to mention for the master who checks the many assignments that have been given to students, making the contraption storage space even more limited. The research approach uses quantitative. The type of research in this study is a type of research with a single subject single subject research (SSR) method. To support efforts to improve communication skills in this study an experimental design was used with single subject research, or better known as single subject research (SSR). It is shown that the baseline 1 decreased and continued with the decreasing intervention along with counseling and assertive exercises. From the results of interviews with researchers with NAS, it can be seen that this NAS has anxiety with school assignments, lacks parental support, does not understand the tasks given, has difficulty concentrating, avoids teachers, is not calm. Interviews with BK teachers also show that teachers have given assignments to students, the factor of parental support also affects the learning process of students, students' cellphones are still an obstacle in the learning process, assertive exercises are given to students. Based on the research that the researcher did, namely individual counseling services with assertive training techniques to reduce learning anxiety with cyber counseling, it can be concluded that learning anxiety in one of the students named NAS is severe learning anxiety, difficulty concentrating, delaying tasks given by the teacher. , was restless when asked by the teacher. Key word: assertive training, cyber counseling, learning anxiety

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Bimbingan Konseling
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Bimbingan Konseling
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 03 Jan 2022 03:15
Last Modified: 03 Jan 2022 03:15
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/16897

Actions (login required)

View Item View Item