ANALISIS HUKUM ISLAM TENTANG BISNIS SISTEM MOST VIRAL PROJECT (Studi Pada Rumah cabang MVP Kelurahan Bandar Jaya Kecamatan Terbanggi Besar Kabupaten Lampung Tengah)

Melani, Antika (2022) ANALISIS HUKUM ISLAM TENTANG BISNIS SISTEM MOST VIRAL PROJECT (Studi Pada Rumah cabang MVP Kelurahan Bandar Jaya Kecamatan Terbanggi Besar Kabupaten Lampung Tengah). Undergraduate thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of PERPUS PUSAT BAB 1 DAN 2.pdf] PDF
Download (3MB)
[thumbnail of PERPUS PUSAT BAB 1 DAN 5.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK Bisnis Most Viral Project (MVP) hadir sebagai salah satu terobosan dalam era digital diIndonesia, dimana sekarang entertaiment lebih mudah didapatkan dan dinikmati secara digital. Prinsip bisnis ini sangat tergantung pada sistem jaringan pemasaran (marketing network). Dalam bisnis MVP ini menggunakan sistem skema piramida, jadi semakin banyak member merekrut orang maka posisi member semakin meningkat, sehingga bonus dan pendapatan yang diperoleh semakin besar. Skema marketingnya jelas menitikberatkan pada keberhasilan rekrutmen, Member akan mendapatkan bonus sponsorship 300.000, jika member baru membeli aplikasi basic. Jika member beli aplikasi yang lebih mahal, tentu bonus sponsorshipnya juga lebih besar. Permasalahan dalam penelitian ini adalah bagaimana sistem transaksi dalam praktik bisnis MVP dan Bagaimana pandangan Hukum Islam tentang penerapan sistem bonus dalam praktik bisnis MVP dirumah cabang. Adapun tujuan penelitian ini adalah Untuk mengetahui sistem transaksi dalam pratik bisnis MVP dan Untuk mengetahui pandangan Hukum Islam tentang penerapan sistem bonus dalam praktik bisnis MVP dirumah cabang. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan (field research). Data penelitian ini diperoleh dari rumah cabang MVP di Bandarjaya yang menjadi objek penelitian. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara wawancara, dan diperkaya dengan data kepustakaannya mempelajari, memahami buku-buku, jurnal serta tulisan cendikiawan yang berkaitan dengan objek penelitian, menggunakan metode kualitatif, setelah data terkumpul maka peneliti melakukan analisis kualitatif, dengan menggunakan metode berfikir induktif, sampel yang diambil sebanyak 5 orang yang terdiri dari ketua cabang, wakil ketua cabang, member MVP dan 2 konsumen MVP. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan menunjukkan bahwa mekanisme sistem kerja praktik Bisnis MVP ini pada umumnya adalah menjual, mengajak atau mengrekrut orang sebanyak-banyaknya dan mengajarkan, membangun organisasi, serta membina dan memotivasi para anggota MVP dan para konsumen MPV. Pandangan Hukum Islam tentang praktik bisnis MVP ini adalah tidak diperbolehkan karena didalam bisnis tersebut terdapat penipuan terhadap calon member MVP dimana calon member yang akan bergabung kedalam bisnis MVP diawal akad tidak terlalu diperjelaskan tentang pemotongan bonus sponshorship

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Muamalah (Hukum Ekonomi Syariah)
Divisions: Fakultas Syariah > Muamalah (Hukum Ekonomi Syariah)
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 03 Jan 2022 02:15
Last Modified: 03 Jan 2022 02:15
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/16892

Actions (login required)

View Item View Item