PENGARUH INVENTORY FINANCING DAN RECEIVABLE FINANCING DALAM PEMBIAYAAN MODAL KERJA TERHADAP KINERJA KEUANGAN BANK UMUM SYARIAH DI INDONESIA DENGAN NON PERFORMING FINANCING SEBAGAI VARIABEL MODERATING TAHUN 2015-2019

KURNIA, MAULIDA (2022) PENGARUH INVENTORY FINANCING DAN RECEIVABLE FINANCING DALAM PEMBIAYAAN MODAL KERJA TERHADAP KINERJA KEUANGAN BANK UMUM SYARIAH DI INDONESIA DENGAN NON PERFORMING FINANCING SEBAGAI VARIABEL MODERATING TAHUN 2015-2019. Undergraduate thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of PERPUS PUSAT BAB 1 DAN 2.pdf] PDF
Download (2MB)
[thumbnail of SKRIPSI_KURNIA MAULIDA_1651020374.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

ABSTRAK Pembiayaan pada bank syariah masih didominasi oleh inventory financing yang selalu mengalami peningkatan. Selain itu receivable financing juga merupakan salah satu pembiayaan yang dari tahun ke tahun terus mengalami kenaikan. Dengan tingginya tingkat penyaluran dana bank umum syariah maka semakin tinggi pula risiko adanya non performing financing yang dapat berpengaruh terhadap kinerja keuangan bank umum syariah. Penelitian ini dilaksanakan pada tahun 2015-2019. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dan jenis penelitian asosiatif. Populasi dalam penelitian ini adalah laporan keuangan bank umum syariah di Indonesia mulai tahun 2015-2019 yaitu 14 laporan keuangan bank umum syariah di Indonesia. Dalam hal ini teknik sampling yang digunakan adalah teknik purposive sampling sehingga diperoleh 5 laporan bank umum syariah sebagai sampel penelitian. Berdasarkan hasil uji hipotesis mengenai pengaruh inventory financing terhadap kinerja keuangan bank umum syariah di indonesia menunjukkan bahwa nilai probabilitas yaitu sebesar 0,5979 yang lebih besar dari α = 0,05 maka H0 diterima. Hal ini berarti bahwa inventory financing tidak memiliki pengaruh positif dan tidak terdukung terhadap kinerja keuangan bank umum syariah. Berdasarkan hasil uji hipotesis menunjukkan bahwa nilai probabilitas yaitu sebesar 0,4576 yang lebih besar dari α = 0,05 maka H0 diterima. Hal ini berarti bahwa receivable financing tidak memiliki pengaruh positif dan tidak terdukung terhadap kinerja keuangan bank umum syariah. Berdasarkan hasil uji moderasi menunjukkan bahwa nilai probabilitas sebesar 0,1408. Nilai probabilitas lebih besar dari tingkat signifikan α = 0,05 sehingga dapat disimpulkan bahwa non performing financing sebagai variabel moderating memperlemah pengaruh variabel inventory financing terhadap kinerja keuangan bank umum syariah di indonesia tahun 2015-2019. Berdasarkan hasil uji moderasi menunjukkan bahwa nilai probabilitas moderasi sebesar 0,8303. Nilai ini lebih besar dari tingkat signifikan yang diharapkan α = 0,05 (0,8303>0,05). Dapat disimpulkan bahwa non performing financing sebagai variabel moderating memperlemah pengaruh variabel receivable financing terhadap kinerja keuangan bank umum syariah di indonesia tahun 2015-2019. Kata Kunci : Inventory Financing, Receivable Financing, Kinerja Keuangan Bank Syariah, Non Performing Financing.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Perbankan Syariah
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syariah
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 03 Jan 2022 01:41
Last Modified: 03 Jan 2022 01:41
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/16890

Actions (login required)

View Item View Item