PANDANGAN HUKUM ISLAM TERHADAP ANGGAPAN MASYARAKAT TENTANG POLIGAMI (Studi Kasus Di Desa Bandar Jaya Kecamatan Terbanggi Besar Kabupaten Lampung Tengah)

OLGA, RISKA PRATIWI (2022) PANDANGAN HUKUM ISLAM TERHADAP ANGGAPAN MASYARAKAT TENTANG POLIGAMI (Studi Kasus Di Desa Bandar Jaya Kecamatan Terbanggi Besar Kabupaten Lampung Tengah). Undergraduate thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of SKRIPSI 1-2.pdf] PDF
Download (2MB)
[thumbnail of SKRIPSI OLGA RISKA PRATIWI.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK Poligami merupakan laki-laki yang memiliki empat orang istri dalam waktu yang bersamaan. Dalam pandangan Islam, persoalan poligami sudah memiliki porsinya tersendiri. Poligami sendiri sebenarnya bukan masalah baru, sistem poligami sudah ada sejak zaman dahulu dan sudah dikenal bahkan jauh sabelum Islam datang. Adapun dasar hukum dari poligami itu sendiri salah satunya adalah surat An-Nisa:3. Ayat ini menjelaskan bahwa tidak mewajibkan atau menganjurkannya untuk berpoligami. Surat ini hanya menjelaskan tentang diperbolehkannya berpoligami, dan itupun hanya untuk orang-orang sangat amat membutuhkan, atau dalam keadaan terpaksa serta dengan syarat-syarat yang tidak ringan pula. Dengan demikian dapat diketahui bahwa dengan datangnya Islam, poligami yang semula tanpa batas, kini dibatasi menjadi empat orang istri saja pada waktu yang bersamaan.Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pandangan hukum Islam terhadap anggapan masyarakat terhadap poligami. Sedangkan kegunaan dari penelitian ini adalah untuk menambah ilmu pengetahuan kaum muslimin yang berkaitan dengan pandangan hukum Islam terhadap poligami. Penelitian ini termasuk dalam jenis penelitian lapangan (field research) yaitu pengumpulan data yang dilakukan di lapangan, sifat penelitiannya adalah deskriptif kualitatif. Sumber data yang digunakan adalah data primer yaitu data dari lapangan dan sekunder adalah yang berasal dari buku tentang poligami. Metode yang digunakan adalah metode wawancara langsung kepada narasumber yaitu masyarakat yang ada di Desa Bandar Jaya Barat. Berdasarkan hasil penelitian ini terdapat pada tafsiran surat An-Nisa ayat 3, yang apabila dikhawatirkan tidak akan berlaku adil dengan menikahi empat orang, maka nikahilah tiga orang perempuan saja. Dan apabila dikhawatirkan tidak dapat berlaku adil dengan menikahi tiga orang perempuan, nikahilah dua orang saja. Jika masih dikhawatirkan dengan menikah dua orang perempuan maka nikahilah satu orang perempuan saja. Akan tetapi, kalau dikhawatirkan tidak akan berlaku adil dengan menikahi satu orang perempuan (merdeka), maka cukuplah bagimu budak perempuan yang kamu miliki. Sedangkan dalam pandangan Islam, poligami boleh dilakukan jika memenuhi syarat yang sudah jelas dalam Al-Quran yaitu, mampu berlaku adil. Adil yang dimaksud disini meliputi beberapa bagian, yaitu : adil dalam pembagian waktu, adil dalam nafkah, adil dalam tempat tinggal, dan adil dalam biaya anak.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Al-Ahwal Al-Syakhsiyyah (Hukum Keluarga)
Divisions: Fakultas Syariah > Al-Ahwal Al-Syakhsiyyah (Hukum Keluarga)
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 03 Jan 2022 01:09
Last Modified: 03 Jan 2022 01:09
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/16884

Actions (login required)

View Item View Item