ANALISIS KINERJA KEUANGAN UMKM SEBELUM DAN SESUDAH MENERIMA PEMBIAYAAN RAHN TASJILY (STUDI PADA NASABAH BMT UGT SIDOGIRI CAPEM GISTING)

Feby, Oktariza Halida (2021) ANALISIS KINERJA KEUANGAN UMKM SEBELUM DAN SESUDAH MENERIMA PEMBIAYAAN RAHN TASJILY (STUDI PADA NASABAH BMT UGT SIDOGIRI CAPEM GISTING). Undergraduate thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of PUSAT BAB 1 DAN 2.pdf] PDF
Download (1MB)
[thumbnail of SKRIPSI Feby Oktariza Halida.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK Kondisi pertumbuhan ekonomi yang baik dapat digunakan untuk menilai seberapa jauh keberhasilan pemerintah dalam melakukan pembangunan, seperti dalam aspek ekonomi pemerintah telah membuat dan mendukung program dengan konsep ekonomi kerakyatan. Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) merupakan suatu usaha yang berbasis ekonomi kerakyatan. Saat ini perkembangan UMKM masih kerap menghadapi hambatan dan rintangan dalam menghadapi dunia usaha yang semakin ketat terutama pada masalah permodalan. Salah satu cara yang dapat digunakan dalam mengatasi permasalahan tersebut adalah hadirnya sebuah Lembaga Keuangan Mikro (LKM) yang mampu menyediakan pembiayaan yang tidak membebani UMKM. Lembaga Keuangan Mikro (LKM) merupakan lembaga keuangan yang memberikan pelayanan jasa kepada masyarakat berpenghasilan rendah dan miskin serta para pengusaha kecil. Penelitian ini bertujuan untuk melihat bagaimana kinerja keuangan UMKM serta apakah terdapat perbedaan yang signifikan pada kinerja UMKM antara sebelum dan sesudah menerima pembiayaan dari BMT UGT Sidogiri Capem Gisting melalui akad Rahn Tasjily yang dilihat dari indikator Modal Usaha, Omset Penjualan Dan Profitabilitas (Kentungan). Objek penelitian ini adalah pelaku UMKM yang menerima pembiayaan melalui akad Rahn Tasjily yaitu sebanyak 58 UMKM. Metode yang digunakan dalam analisis data adalah Uji Statistik Deskriptif dan Uji Beda Paired T�Test. Hasil penelitian berdasarkan Uji Beda Paired T-Test untuk variabel modal usaha didapatkan nilai probabilitas sebesar 0,000<0,05, variabel omset penjualan didapatkan nilai probabilitas sebesar 0,000<0,05, variabel profitabilitas (keuntungan) didapatkan nilai sebesar 0,000<0,05 yang berarti terdapat perbedaan yang signifikan pada variabel modal usaha, omset penjualan dan profitabilitas (keuntungan) setelah mendapatkan pembiayaan dari BMT UGT Sidogiri Capem Gisting melalui akad Rahn Tasjily. Kata kunci : Kinerja Keuangan, Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM), Pembiayaan Rahn Tasjily

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Konsentrasi Akuntansi Syariah
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Konsentrasi Akuntansi Syariah
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 31 Dec 2021 03:16
Last Modified: 31 Dec 2021 03:16
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/16872

Actions (login required)

View Item View Item