SITI, LASNIA WAHYUNI (2021) EKSPERIMENTASI KONSELING REALITAS TERHADAP PENINGKATAN PERILAKU TANGGUNG JAWAB BELAJAR DALAM PENYELESAIAN TUGAS AKADEMIK PADA PESERTA DIDIK SMK ISLAM ADILUWIH KABUPATEN PRINGSEWU. Undergraduate thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.
PDF
Download (3MB) |
|
PDF
Restricted to Repository staff only Download (6MB) |
Abstract
ABSTRAK Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui perubahan perilaku tanggung jawab belajar dalam penyelesaian tugas akademik pada peserta didik SMK Islam Adiluwih Kabupaten Pringsewu dengan menggunakan konseling realitas. Berdasarkan data pra penelitian diperoleh hasil bahwa terdapat peserta didik yang rendah dalam perilaku tanggung jawab belajar dalam penyelesaian tugas akademik. Jenis penelitian ini adalah Single Subject Research (SSR) dengan desain yang digunakan adalah A-B, populasi yang digunakan adalah seluruh peserta didik kelas X Akuntansi di sekolah ini. Subjek dlam penelitian ini adalah seorang peserta didik kelas X Akuntansi Perilaku tanggung jawab belajar dalam penyelesaian tugas akademik yang tergolong rendah. Alat instrumentasi menggunakan instrument tally. Hasil analisis data deskriptif menunjukkan bahwa kecenderungan perilaku tanggung jawab belajar subjek pada fase baseline (A) dan Intervensi (B) mengalami perbedaan. Pada saat fase Baseline (A) skor mencapai angka 15. Sedangkan pada fase Intervensi (B) mengalami peningkatan hingga skor 26. Overlope A-B yakni 33,33% hingga mengalami peningkatan yakni 50%. Sehingga pada fase baseline (A) dalam kategori rendah dan setelah diberikan intervensi (B) mengalami peningkatan hingga kategori tinggi. Kata Kunci: Konseling Realitas, Tanggung Jawab Belajar
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | Bimbingan Konseling |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Bimbingan Konseling |
Depositing User: | LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI |
Date Deposited: | 31 Dec 2021 03:04 |
Last Modified: | 31 Dec 2021 03:04 |
URI: | http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/16870 |
Actions (login required)
View Item |