STRATEGI PENGEMBANGAN USAHA INDUSTRI KECILDENGAN PENDEKATAN BUSINESS MODEL CANVAS MENURUT PERSPEKTIF EKONOMI ISLAM (Studi Pada Konveksi Sablon Razz Apparel Di Bandar Lampung)

Bima, Pratama Saputro (2021) STRATEGI PENGEMBANGAN USAHA INDUSTRI KECILDENGAN PENDEKATAN BUSINESS MODEL CANVAS MENURUT PERSPEKTIF EKONOMI ISLAM (Studi Pada Konveksi Sablon Razz Apparel Di Bandar Lampung). Undergraduate thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of PERPUS PUSAT BAB 1 DAN 2.pdf] PDF
Download (4MB)
[thumbnail of SKRIPSI Bima Pratama Saputro_1751010025.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

ABSTRAK Pesatnya persaingan pasar global saat ini berdampak sangat serius terhadap kelangsungan hidup industri kecil, ada beberapa hal yang menghambat daya saing industri seperti kurangnya inovasi dan kemampuan strategi manajemen dalam membangun perusahaan. Penyebab ketidakmampuan industri kecil dalam negeri untuk tumbuh, berkembang dan bersaing di pasar. Salah satunya adalah industri fashion yang menjadi suatu usaha pemenuhan kebutuhan pokok manusia dan kepuasan. Karena fashion merupakan salah satu tuntutan dalam aktivitas sandang yang cenderung konsumtif. Seiring berkembangnya peminat fashion di Bandar lampung banyak pula usaha konveksi bermunculan salah satunya Konveksi Sablon Razz Apparel. Karena Persaingan bisnis semakin berat dan ketat, setiap perusahaan selalu dituntut untuk berkembang. Salah satu cara yang digunakan perusahaan atau pelaku usaha untuk dapat bersaing dan berkembang adalah menciptakan strategi – strategi yang baru. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui gambaran model bisnis yang digunakan Razz Apparel jika ditinjau dari business model canvas dan menghasilkan sebuh rekomendasi business model canvas yang baru untuk digunakan pada Razz Apparel. Metode dalam penelitian ini menggunakan metode kualitatif, sumber data dalam penelitian ini diperoleh melalui hasil observasi dan wawancara langsung terhadap pemilik Razz Apparel dan karyawan. Teknik analisis menggunakan metode deskriptif dengan menggunakan kerangka business model canvas dan SWOT. Hasil penelitian yang dilakukan menunjukkan bahwa melalui pendekatan Business Model Canvas (BMC) dan analisa SWOT maka dapat dijelaskan bahwa pada analisa kekuatan dan kelemahan implementasi elemen-elemen Business Model Canvas dan analisa peluang dan ancaman dari faktor ekternal perusahaan. Berdasarkan hasil analisis Business Model Canvas dengan Matriks Internal – Eksternal terlihat bahwa strategi yang cocok untuk diterapkan di Razz Apparel adalah strategi pertumbuhan (agresif). Namun model bisnis di Razz Apparel saat ini masih memiliki kelemahan, sehingga menciptakan strategi yang dihasilkan dari perbaikan Business Model Canvas. Kata kunci : Strategi Pengembang Bisnis, Business Model Canvas, Analisis SWOT

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Ekonomi Islam
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Islam
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 31 Dec 2021 03:00
Last Modified: 31 Dec 2021 03:00
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/16868

Actions (login required)

View Item View Item