PERSEPSI MAHASISWA TERHADAP AKUN INSTAGRAM JOKOWI DALAM MEMENUHI KEBUTUHAN INFORMASI MASYARAKAT (STUDI KASUS MAHASISWA FAKULTAS DAKWAH DAN ILMU KOMUNIKASI UIN RADEN INTAN LAMPUNG)

RADIKA, INTAN BERLIANA (2021) PERSEPSI MAHASISWA TERHADAP AKUN INSTAGRAM JOKOWI DALAM MEMENUHI KEBUTUHAN INFORMASI MASYARAKAT (STUDI KASUS MAHASISWA FAKULTAS DAKWAH DAN ILMU KOMUNIKASI UIN RADEN INTAN LAMPUNG). Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of SKRIPSI_RADIKA INTAN BERLIANA_1741010068.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (9MB)
[thumbnail of PERPUS PUSAT BAB 1 DAN 2.pdf] PDF
Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK Berbicara mengenai Kebutuhan Informasi, setiap orang membutuhkan informasi sebagai bagian dari tuntutan kehidupannya, penunjang kegiatannya, dan pemenuhan kebutuhannya. Rasa ingin tahu seseorang timbul karena ia ingin selalu berusaha menambah pengetahuannya. Dalam kajian mengenai perilaku informasi, informasi merupakan kebutuhan bagi setiap manusia untuk menjawab situasi ketidakpastian yang dihadapinya. Akun Instagram Presiden Jokowi merupakan akun yang menyajikan setiap informasi yang menyangkut kabar tentang kegiatan-kegiatan yang ia lakukan dalam konteks sosial. Kemudian yang menjadi masalah dalam penelitian ini adalah Apa persepsi mahasiswa terhadap akun Instagram Jokowi dalam memenuhi kebutuhan informasi masyarakat. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui konten-konten sosial pada akun Instagram Jokowi. Penelitian ini merupakan penelitian yang bersifat kualitatif, penelitian ini menggunakan teknik sample Purposive sampling, dengan menggunakan metode sumber data primer dan sekunder, teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Analisis data dalam penelitian ini dengan cara melihat data yang sudah dikumpulkan dari wawancara, observasi, dokumentasi. Dari hasil analisis data ini dapat disimpulkan bahwa ada dua tanggapan mahasiswa yaitu tanggapan positif dan negative. Persepsi positif menurut mahasiswa terhadap akun Instagram Presiden Jokowi cukup memenuhi kebutuhan informasi masyarakat yang mana dalam akun tersebut muncul persepsi positif dan negative dari mahasiswa yang berfokus pada informasi Sosialnya yaitu tentang pendidikan, pentingnya melakukan vaksin dan menggunakan masker, menaati pemberlakuan perpanjangan kegiatan masyarakat, kunjungan keluar kota, dan mengucapkan hari-hari besar. Kata Kunci : Persepsi, Kebutuhan Informasi Masyarakat, Akun Instagram Jokowi

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Komunikasi dan Penyiaran Islam
Divisions: Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi > Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 31 Dec 2021 02:57
Last Modified: 31 Dec 2021 02:57
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/16867

Actions (login required)

View Item View Item