EKSPERIMENTASI MODEL PEMBELAJARAN CUPs (CONCEPTUAL UNDERSTANDING PROCEDURES) TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DAN BERPIKIR KREATIF MATEMATIS PESERTA DIDIK

EKA, SUNDARI (2021) EKSPERIMENTASI MODEL PEMBELAJARAN CUPs (CONCEPTUAL UNDERSTANDING PROCEDURES) TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DAN BERPIKIR KREATIF MATEMATIS PESERTA DIDIK. Undergraduate thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of Skripsi 1-2.pdf] PDF
Download (2MB)
[thumbnail of Skripsi Eka Sundari.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK Kemampuan berpikir kritis dan berpikir kreatif matematis merupakan suatu hal yang sangat diperlukan peserta didik. Berdasarkan prapenelitian yang dilakukan penulis, kemampuan berpikir kritis dan berpikir kreatif matematis peserta didik di SMP Negeri 3 Metro masih rendah hal ini terlihat dari sedikit peserta didik yang mendapat nilai diatas KKM. Peneliti tertarik untuk menerapkan model pembelajaran yang dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan berpikir kreatif matematis peserta didik. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Conceptual Understanding Procedures (CUPs) terhadap kemampuan berpikir kritis dan berpikir kreatif matematis peserta didik. Penelitian ini merupakan jenis penelitian Quasy Eksperimental Design. Populasi dalam penelitian ini yaitu seluruh peserta didik kelas VIII SMP Negeri 3 Metro serta sampel dalam penelitian ini yaitu peserta didik kelas VIII SMP Negeri 3 Metro. Teknik yang digunakan dalam pengambilan sampel adalah Cluster Random Sampling. Instrument yang digunakan untuk mengumpulkan data kemampuan berpikir kritis dan berpikir kreatif matematis adalah soal uraian atau essay. Teknik analisis data dalam penelitian ini adalah MANOVA. Pengujian hipotesis menggunakan MANOVA, dengan derajat angka signifikasi yang dipakai adalah 0,05 diperoleh nilai p–Value yaitu sebesar 0,044. Hal itu menunjukkan bahwa p–Value < sehingga , , dan diterima. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa: (1) Terdapat pengaruh model pembelajaran Conceptual Understanding Procedures (CUPs) terhadap kemampuan berpikir kritis matematis pada materi SPLDV. (2) Terdapat pengaruh model pembelajaran Conceptual Understanding Procedures (CUPs) terhadap kemampuan berpikir kreatif matematis pada materi SPLDV. (3) Terdapat pengaruh model pembelajaran Conceptual Understanding Procedures (CUPs) terhadap kemampuan berpikir kritis dan berpikir kreatif matematis pada materi SPLDV. Kata Kunci : Conceptual Understanding Procedures (CUPs), Kemampuan Berpikir Kritis Matematis, Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 31 Dec 2021 02:45
Last Modified: 31 Dec 2021 02:45
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/16864

Actions (login required)

View Item View Item