ANALISIS STRATEGI PROMOSI DAN PELAYANAN PARIWISATA DALAM MENINGKATKAN JUMLAH PENGUNJUNG PADA MASA COVID-19 DI PUNCAK MAS SUKADANAHAM BANDAR LAMPUNG BERDASARKAN PERSPEKTIF EKONOMI ISLAM

Pricilia, Linda Agustina (2021) ANALISIS STRATEGI PROMOSI DAN PELAYANAN PARIWISATA DALAM MENINGKATKAN JUMLAH PENGUNJUNG PADA MASA COVID-19 DI PUNCAK MAS SUKADANAHAM BANDAR LAMPUNG BERDASARKAN PERSPEKTIF EKONOMI ISLAM. Undergraduate thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of PUSAT BAB 1 DAN 2.pdf] PDF
Download (2MB)
[thumbnail of SKRIPSI PRICILIA.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

ABSTRAK Objek wisata Puncak Mas yang berada di Kelurahan Sukadanaham Kota Bandar Lampung banyak diminati oleh wisatawan, Puncak Mas merupakan satu-satunya objek wisata tertinggi yang ada di Bandar Lampung yang menawarkan pemandangan bukit, kota dan lautnya. Untuk meningkatkan jumlah wisatawan, pihak pengelola selalu melakukan pengembangan dengan memunculkan wahana baru atau spot foto yang unik untuk menarik pengunjung wisatawan. Selain itu pengelola juga melakukan strategi baru agar dapat menarik pengunjung pada masa pandemi.Strategi itu dilakukan bertujuan untuk menjadikan pariwisata maju dan berkembang kearah yang lebih baik lagi dari segi kualitas sarana prasarana, menjadi destinasi yang diinginkan dan menjadikan manfaat yang baik secara ekonomi bagi masyarakat sekitar.Rumusan masalah dalam penelitian ini bagaimana strategi promosi dan pelayanan yang dilakukan oleh pengelola Puncak Mas Sukadanaham dalam meningkatkan jumlah pengunjung pada masa Covid-19? Kemudian bagaimana pandangan perspektif ekonomi islam dalam strategi promosi dan pelayanan Puncak Mas Sukadanaham?.Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pengelola Puncak Mas mendeskripsikan dan menganalisa strategi promosi dan pelayanan pariwisata dalam meningkatkan jumlah pengunjung dan bagaimana pandangan ekonomi islam dalam strategi promosi dan pelayanan pariwisata tersebut. Permasalah yang dialami oleh puncak mas adalah belum maksimalnya pertumbuhan usaha pariwisata, seperti usaha rekreasi dan hiburan umum. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan menggunakan data sekunder dan data primer.Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah wawancara. Metode analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif yaitu teknik untuk menggambarkan atau menjelaskan data yang tarkait dengan pembahasan, dimana teknik ini menggambarkan tentang bagaimana pengelola Puncak Mas dalam strategi promosi dan pelayanan pariwisata dalam meningkatkan jumlah pengunjung pada masa Covid-19 berdasarkan perspektif ekonomi islam. Berdasarkan hasil yang diperoleh bahwa pada masa Covid-19 ini pengelola dan pegawai Puncak Mas harus berkerjasama dalam melaksanakan kebijakan dan langkah – langkah guna dapat meningkatkan jumlah pengunjung pada masa Covid-19. Oleh karena iii itu, agar dapat meningkatkan jumlah pengunjung pengelola dan para pelaku usaha yang berjualan di Kantin Puncak Mas harus tetap berjalan dalam mengembangkan strategi apa yang harus dilakukan guna dapat meningkatkan jumlah pengunjung. Strategi dan langkah – langkah yang sudah dilaksanakan oleh pengelola Puncak Mas salah satunya adalah hal yang paling utama yaitu dengan mempromosikan lewat media seperti (Instagram, Facebook, Website), prokes ditingkatkan, dan penambahan tempat cuci tangan.Dalam konteks Ekonomi Islam Terkait tentang strategi promosi dan pelayanan pariwisata dalam meningkatkan jumlah pengunjung pada masa Covid�19 sudah sesuai dengan prinsip – prinsip islam. Bertanggung jawab penuh terhadap pelanggan yang ingin complain, jujur dalam mempromosikan dan jujur dalam harga. Dan sudah sesuai dengan prinsip – prinsip etika berbisnis dalam islam yaitu melayani pengunjung dan karyawan dengan baik sesuai yang diajarkan oleh Nabi Muhammad SAW dan keadilan yang diciptakan perusahaan atau suatu usaha dengan cara pensdisribusian secara merata dan tidak berpihak oleh siapapun. Kata Kunci : Strategi Promosi, Pelayanan, Meningkatkan Jumlah Pengunjung, Covid-19, Perspektif Ekonomi Islam

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Ekonomi Islam
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Islam
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 30 Dec 2021 07:02
Last Modified: 30 Dec 2021 07:02
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/16860

Actions (login required)

View Item View Item