EFEKTIVITAS LAYANAN KONSELING KELOMPOK DENGAN TEKNIK POSITIVE REINFORCEMENT TERHADAP MINAT BELAJAR PESERTA DIDIK DI SMPNEGERI 4 BANDAR LAMPUNG TAHUN AJARAN 2020/2021

DHIA, ASTRI PUSPITASARI (2021) EFEKTIVITAS LAYANAN KONSELING KELOMPOK DENGAN TEKNIK POSITIVE REINFORCEMENT TERHADAP MINAT BELAJAR PESERTA DIDIK DI SMPNEGERI 4 BANDAR LAMPUNG TAHUN AJARAN 2020/2021. Undergraduate thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of PERPUS PUSAT BAB 1 DAN 2.pdf] PDF
Download (4MB)
[thumbnail of SKRIPSI_Dhia Astri Puspitasari_1711080139.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)

Abstract

ABSTRAK Pendidikan merupakan kepentingan bagi setiap perseorangan ataupun manusia. Pendidikan berkedudukan sangat esensial dalam metode membentuk serta mengembangkan sumber daya manusia (SDM), pelaksanaan pendidikan di indonesia belum menghasilkan sumber daya manusia yang bermutu dan berdaya saing tinggi, pendidikan belum berhasil menciptakan manusia indonesia yang cerdas secara spiritual, emosional, sosial, intelektual, dan kinestetik. Salah satu cara meningkatkan pendidikan adalah dengan meningkatkan minat belajar peserta didik dengan layanan konseling kelompok dengan teknik possitive reinforcement. Konseling kelompok adalah layanan konseling yang dimaksudkan untuk membantu mengatasi masalah secara bersama-sama atau membantu individu yang tengah menghadapi masalah dengan menempatkannya di dalam situasi kelompok sedangkan possitive reinforcement ialah penguatan yang mempunyai pengaruh positif dalam kehidupan manusia, yakni dapat mendorong seseorang untuk memperbaiki tingkah lakunya dalam meningkatkan usahanya. Penelitian ini bertujuan Untuk mengetahui Efektivitas Konseling Kelompok Dengan Teknik Positive reinforcement dalam Meningkatkan Minat Belajar Peserta Didik di SMP Negeri 4 Bandar Lampung Tahun Ajaran 2020/2021. Desain penelitian ini adalah experiment, Penulis menggunakan Quasi Experimental Designs. Peneliti menggunakan pretest and posttest design, karena dalam penelitian ini untuk mengetahui peranan teknik possitive reinforcement dalam mengembangkan minat belajar peserta didik yang dijadikan sampel penelitian, dalam desain ini peneliti membagi 2 kelas, kelas eksperiment yang diberikan teknik possitive reinforcement dan kelas control yang tidak diberikan teknik possitive reinforcement, sampel dikenakan 2 kali pengukuran. Pengukuran pertama dilakukan untuk mengukur tingkat minat belajar sebelum diberikan perlakuan (treatment), dan pengukuran kedua dilakukan tingkat minat belajar sesudah diberikan perlakuan (treatment). Hasil pengujian data menunjukan z hitung pada kelas iii eksperiment yaitu 2,271 dan z hitung pada kelas kontrol yaitu 2.207. Dengan signifikan keduannya yaitu 0,23 dan 0,27. Diketahui bahwa z hitung pada kelas eksperiment lebih besar dari z hitung kelas kontrol (2,271 ≥ 2,207). Sehingga dapat dikatakan bahwa teknik positive reinforcement lebih efektif dalam meningkatkan minat belajar peserta didik. Kata Kunci: Konseling Kelompok, Possitive Reinforcement, Minat Belajar iv ABSTRACT Education is of interest to every individual or human. Education is domiciled very essential in the method of forming and developing human resources (HR), the implementation of education in Indonesia has not produced quality and highly competitive human resources, education has not succeeded in creating Indonesian people who are spiritually, emotionally, socially, intellectually, and mentally intelligent. kinesthetic. One way to improve education is to increase students' interest in learning with group counseling services with positive reinforcement techniques. Group counseling is a counseling service that is intended to help overcome problems together or help individuals who are facing problems by placing them in group situations while positive reinforcement is reinforcement that has a positive influence on human life, which can encourage someone to improve their behavior in increase their business. This study aims to determine the effectiveness of group counseling with positive reinforcement techniques in increasing student interest in learning at SMP Negeri 4 Bandar Lampung for the 2020/2021 academic year. The design of this research is experimental, the author uses Quasi Experimental Designs. Researchers used pretest and posttest designs, because in this study to determine the role of positive reinforcement techniques in developing students' interest in learning who were used as research samples, in this design the researchers divided 2 classes, the experimental class was given positive reinforcement technique and the control class was not given the technique. positive reinforcement, the sample is subjected to 2 measurements. The first measurement was carried out to measure the level of interest in learning before being given treatment (treatment), and the second measurement was carried out on the level of interest in learning after being given treatment (treatment). The results of data testing show that z count in the experimental class is 2.271 and z count in the control class is 2.207. Significantly both are 0.23 and 0.27. It is known that the z count in the experimental class is greater than the z count in the control class v (2,271 2,207). So it can be said that the positive reinforcement technique is more effective in increasing students' interest in learning. Keywords: Group Counseling, positive reinforcement , interest to learn

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Bimbingan Konseling
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Bimbingan Konseling
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 30 Dec 2021 05:25
Last Modified: 30 Dec 2021 05:25
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/16854

Actions (login required)

View Item View Item