PENGARUH PENERAPAN TEKNIK TOKEN EKONOMI UNTUK MENINGKATKAN KEDISIPLINAN PESERTA DIDIK DI SMA N 1 BANDAR SRIBHAWONO

ANNISA, KHAIRIANI (2021) PENGARUH PENERAPAN TEKNIK TOKEN EKONOMI UNTUK MENINGKATKAN KEDISIPLINAN PESERTA DIDIK DI SMA N 1 BANDAR SRIBHAWONO. Undergraduate thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of SKRIPSI 1-2.pdf] PDF
Download (2MB)
[thumbnail of SKRIPSI ANNISA KHAIRIANI.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

ABSTRAK Siswa Di SMA N 1 Bandar Sribhawono memiliki masih tingkat kedisiplinan siswa yang rendah. Hal tersebut ditunjukan dengan data sebanyak 282 kali siswa alpa tidak menghadiri kelas daring dari bulan Januari hingga April 2021. Tidak hanya itu keterangan dari guru pengampu yang menyatakan bahwa siswa cenderung sering terlambat masuk ke kelas daring, bahkan ada beberapa siswa yang tidak mengikuti kelas dari selama beberapa waktu menunjukan bahwa siswa-siswi di sekolah tersebut masih rendah dalam hal kedisiplinan. Maka dari itu peneliti akan mengkaji lebih jauh tentang penggunaan teknik Token Ekonomi untuk meningkatkan tingkat kedisiplinan siswa saat belajar daring berlangsung. Peneliti menggunakan metode Pre-Experimental design. Adapun populasi dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas XI SMA N 1 Bandar Sribhawono yang terdiri dari 3 kelas IPA dan 3 kelas IPS dengan jumlah siswa sebanyak 280 siswa. Teknik yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik Random Sampling, sehingga didapat kelas XI IPS 3 sebanyak 28 siswa sebagai sampel. Peneliti melakukan observasi, dokumentasi, serta angket untuk mengumpulkan data penelitian serta menguji data tersebut dengan menggunakan rumus z yaitu uji Wilcoxon. Hasil penelitian menunjukan bahwa dengan meggunakan teknik token economy memiliki pengaruh terhadap tingkat kedisiplinan siswa kelas XI IPS 3 SMA N 1 Bandar Sribhawono Tahun Ajaran 2020-2021. Hasil tersebut didasarkan pada analisis analisis The Mann- Withney U Test dengan nilai diperoleh z sebesar -8,463 dan angka Asymp. Sig. (2-tailed) sebesar 0,045, maka 0,045/2=0,225. Karena nilai Asymp. Sig. (2-tailed) < taraf nyata (α/2=0,5), maka hal ini berarti berarti terdapat perbedaan tingkat kedisiplinan siswa yang dilihat dari skor nilai pre-testdan post-test. Diketahui juga nilai mean post-test yakni 53,5 lebih tinggi daripada nilai mean pre-test yaitu sebesar 37,3. Hasil analisis menunjukkan 23 siswa mengalami tingkat kedisiplinan lebih tinggi dibandingkan dengan 5 siswa lainnya. Kata Kunci: Konseling, Kedisiplinan Siswa, Teknik Token Ekonomi

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Bimbingan Konseling
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Bimbingan Konseling
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 29 Dec 2021 04:57
Last Modified: 29 Dec 2021 04:57
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/16824

Actions (login required)

View Item View Item