PENGEMBANGAN MODUL PEMELAJARAN PJOK BERBASIS QR-CODE (BARCODE SCANNER) PADA TEMA GERAK DASAR UNTUK PESERTA DIDIK KELAS I SD/MI

SINTA, YUSFITA SARI (2021) PENGEMBANGAN MODUL PEMELAJARAN PJOK BERBASIS QR-CODE (BARCODE SCANNER) PADA TEMA GERAK DASAR UNTUK PESERTA DIDIK KELAS I SD/MI. Undergraduate thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of SKRIPSI BAB 1&2.pdf] PDF
Download (4MB)
[thumbnail of SKRIPSI FULL.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

ABSTRAK PENGEMBANGAN MODUL PEMELAJARAN PJOK BERBASIS QR-CODE (BARCODE SCANNER) PADA TEMA GERAK DASAR UNTUK PESERTA DIDIK KELAS I SD/MI Oleh: SINTA YUSFITA SARI Latar belakang pengembangan modul pembelajaran PJOK berbasis QR-Code (Barcode Scanner) ini adalah dikarenakan pada pembelajaran tahun ini sistem pembelajaran dilaksanakan dengan sistem online, sehingga pembelajaran PJOK pada materi Gerak Dasar terlaksana kurang efektif, terutama pada peserta didik yang kurang memperhatikan penjelasan atau tugas yang diberikan oleh pendidik, disebabkan karena pendidik kurang kreatif dan inovatif dalam memberikan materi pembelajaran. Oleh karena itu, potensi yang diharapkan dari peserta didik tidak sesuai dengan yang diharapkan pendidik. Pengaruh lainnya yaitu keterbatasan media pembelajaran yang digunakan peserta didik dalam pembelajaran pada sistem pembelajaran online. Maka dari itu, perlu adanya solusi untuk memperbaiki dan meningkatkan pembelajaran agar tercapai tujuan pembelajaran secara optimal. Sehingga dalam hal ini, penulis mengambil judul “Pengembangan Modul Pembelajaran PJOK berbasis QR-Code (Barcode Scanner) Pada Tema Gerak Dasar Untuk Peserta Didik Kelas 1 SD/MI”. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan modul pembelajaran PJOK berbasis QR-Code (Barcode Scanner) dan mengetahui tingkat kelayakan modul pembelajaran sehingga menghasilkan modul pembelajaran yang valid dan responsif. Penelitian ini menggunakan metode penilitian dan pengembangan atau Research and Development (R&D). Prosedur pengembangan mengikuti prosedur Borg and Gall yang dilakukan dengan lebih sederhana dengan melibatkan 10 langkah utama yaitu meliputi: 1) Potensi dan masalah, 2) Pengumpulan data, 3) Desain Produk, 4) Validasi desain, 5) Perbaikan desain, 6) Uji coba produk, 7) Revisi produk, 8) Uji pelaksanaan lapangan, 9) Penyempurnaan produk akhir, 10) Dimensi dan Implementasi. Penelitian dibatasi pada tujuh tahapan yaitu: 1) Potensi dan masalah, 2) Pengumpulan data, 3) Desain Produk, 4) Validasi desain, 5) Perbaikan desain, 6) Uji coba produk, 7) Revisi produk. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan angket penelitian dan pengembangan menghasilkan modul pembelajaran PJOK berbsis QR-Code (Barcode Scanner) yang layak digunakan berdasarkan penilaian para ahli bahasa, ahli materi dan ahli media. Hasil penilaian ini menunjukan bahwa modul pembelajaran mempunyai kelayakan yang sangat baik menurut ahli bahasa 80%, ahli materi 91,25%, ahli media 92%, dan respon pendidik 92,25%. Yang berarti modul pembelajaran ini “Sangat Layak” digunakan dalam pembelajaran. Kata Kunci : Modul Pembelajaran PJOK, QR-Code (Barcode Scanner), Gerak Dasar

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 29 Dec 2021 04:49
Last Modified: 29 Dec 2021 04:49
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/16823

Actions (login required)

View Item View Item