ANALISIS MODEL PEMBELAJARAN NUMBERED HEADS TOGETHER BERBANTUAN ALAT PERAGA TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK MATA PELAJARAN IPA KELAS IV SDN 2 KRAWANGSARI NATAR

Anjas, Nurhana (2021) ANALISIS MODEL PEMBELAJARAN NUMBERED HEADS TOGETHER BERBANTUAN ALAT PERAGA TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK MATA PELAJARAN IPA KELAS IV SDN 2 KRAWANGSARI NATAR. Undergraduate thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of PERPUS PUSAT BAB 1 DAN 2.pdf] PDF
Download (3MB)
[thumbnail of SKRIPSI_Anjas Nurhana_1711100014.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (7MB)

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini dilatarbelakangi oleh guru di SDN 2 Krawangsari telah menggunakan model pembelajaran Numbered Heads Together berbantu alat peraga dalam pembelajaran. Tetapi hasil belajar peserta didik kelas IV di SDN 2 Krawangsari ini masih rendah. Padahal dengan menggunakan model pembelajaran Numbered Heads Together dan alat peraga seharusnya dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pelaksanaan model pembelajaran Numbered Heads Together (NHT) berbantuan alat peraga terhadap hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran IPA kelas IV SDN 2 Krawangsari Natar. Jenis penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan menggunakan teknik pengumpulan data observasi, wawancara dan dokumentasi. Data dianalisis melalui langkah-langkah reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Teknik pemeriksaan keabsahan data dilakukan dengan triangulasi teknik, triangulasi sumber dan triangulasi waktu. Hasil dari penelitian ini adalah saat melaksanakan model pembelajaran Numbered Heads Together berbantu dengan alat peraga, pendidik di SDN 2 Krawang sari sudah melaksanakan dengan baik. Namun masih ada beberapa langkah yang belum terlaksana seperti pendidik melewatkan langkah keempat dalam Numbered Heads Together (NHT) yaitu menjawab pertanyaan. Pada langkah ini pendidik tidak mengajak peserta didik untuk menanggapi jawaban dari kelompok lain, dan pendidik juga tidak mengarahkan kepada peserta didik jika jawaban ada yang salah serta pendidik juga tidak memberikan pujian atau reward kepada peserta didik atau kelompok yang menjawab betul. Langkah ini yang belum dilaksanakan dengan tepat mengakibatkan hasil belajar peserta didik di SDN 2 Krawangsari masih rendah. kata kunci : Model pembelajaran Numbered Heads Together, alat peraga dan hasil belajar iii ABSTRACT This research was motivated by the teacher at SDN 2 Krawangsari using the Numbered Heads Together type of cooperative learning model with the help of teaching aids in learning. However, the learning outcomes of fourth grade students at SDN 2 Krawangsari are still low. In fact, using the Numbered Heads Together type of cooperative learning model and teaching aids should be able to improve student learning outcomes. This study aims to find out how the implementation of the Numbered Heads Together (NHT) cooperative learning model with the aid of teaching aids on student learning outcomes in the fourth grade science subjects at SDN 2 Krawangsari Natar. This type of research uses descriptive qualitative methods by using data collection techniques of observation, interviews and documentation. The data were analyzed through the steps of data reduction, data presentation and drawing conclusions. The technique of checking the validity of the data is done by technique triangulation, source triangulation and time triangulation. The result of this research is that when implementing the Numbered Heads Together type of cooperative learning model assisted by teaching aids at SDN 2 Krawang Sari, it has been implemented well. However, there are still some steps that have not been implemented, such as educators skipping the fourth step in Numbered Heads Together (NHT), which is answering questions. In this step, the teacher does not invite students to respond to answers from other groups, and the educator does not direct students if the answers are wrong and the educator does not give praise or rewards to students or groups who answer correctly. This step, which has not been implemented properly, has resulted in the low learning outcomes of students at SDN 2 Krawangsari. Keywords : Numbered Heads Together cooperative learning model, teaching aids and learning outcomes

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 29 Dec 2021 03:34
Last Modified: 29 Dec 2021 03:34
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/16812

Actions (login required)

View Item View Item