STRATEGI MENGHAFAL AL-QUR’AN SANTRI PONDOK PESANTREN ROUDHOTUL QUR’AN METRO DAN SANTRI PONDOK PESANTREN AISYIYAH KULLIYATUL MUALLIMIN LI-TAHFIDZIL QUR’AN (KMT) IMADUL BILAD METRO

Amalia, Ramadhani (2021) STRATEGI MENGHAFAL AL-QUR’AN SANTRI PONDOK PESANTREN ROUDHOTUL QUR’AN METRO DAN SANTRI PONDOK PESANTREN AISYIYAH KULLIYATUL MUALLIMIN LI-TAHFIDZIL QUR’AN (KMT) IMADUL BILAD METRO. Masters thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of Tesis (Amalia Ramadhani).pdf] PDF
Download (3MB)
[thumbnail of Tesis Lengkap (Amalia Ramadhani-Pasca PAI UIN RIL).pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)

Abstract

ABSTRAK Strategi Menghafal Al-Qur’an Santri Pondok Pesantren Roudhotul Qur’an Metro Dan Santri Pondok Pesantren Aisyiyah Kulliyatul Muallimin Li-Tahfidzil Qur’an (KMT) Imadul Bilad Metro Oleh: Amalia Ramadhani/1986108025 Dalam menghafal al-Qur’an dibutuhkan strategi menghafal al-Qur’an yang baik dan tepat. Karena hal itu akan berpengaruh pada proses hafalan al-Qur’an yang efektif serta berpengaruh pada kualitas hafalan yang baik. Strategi diartikan sebagai pedoman atau perencanaan yang berisi tentang rangkaian kegiatan yang didesain untuk mencapai tujuan tertentu. Pondok Pesantren Roudhotul Qur’an Metro (PPRQ) dan Pondok Pesantren Aisyiyah Kulliyatul Muallimin Li-Tahfidzil Qur’an Imadul Bilad Metro (PP KMT Imbi) merupakan pondok pesantren yang memiliki program unggulan tahfidz al-Qur’an. Target hafalan santri PPRQ tingkat SMP program tahfidz adalah 10 juz. Target hafalan tersebut 90% tercapai, hal ini dibuktikan dengan banyaknya lulusan SMP program tahfidz yang telah mengikuti khataman atau wisuda 10 juz. Serta santri-santri mampu berprestasi dalam lomba tahfidz dan tartil di tingkat kota maupun provinsi. Sedangkan target hafalan santri PP KMT Imbi adalah 15 juz. Target hafalan tersebut 80% tercapai, hal ini dibuktikan dengan data wisudawan dan wisudawati yang mayoritas telah lulus ujian 15 juz. serta banyak lulusan yang mampu melanjutkan sekolah pada jenjang SMA dengan beasiswa tahfidz, baik di Lampung maupun di Jawa. Fokus penelitian ini adalah Strategi Menghafal Al-Qur’an Santri Pondok Pesantren Roudhotul Qur’an Metro Dan Santri Pondok Pesantren Aisyiyah Kulliyatul Muallimin Li-Tahfidzil Qur’an (KMT) Imadul Bilad Metro. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif. Sumber data berasal dari sumber data primer yang diperoleh dari pengurus, ustadz/ustadzah dan santri PPRQ dan PP KMT Imbi, serta sumber data sekunder yang diperoleh dari jurnal, buku-buku, dokumen dan website. Teknik pengumpulan data dengan metode observasi, metode wawancara (interview) dan metode dokumentasi. Adapun teknik analisis data dengan cara reduksi data, penyajian data dan menarik kesimpulan (conclusion drawing/verification). Sedangkan teknik pemeriksaan keabsahan data dengan ketekunan pengamatan, triangulasi data dan diskusi. Hasil penelitian ini adalah, 1) Strategi sebelum menghafal al-Qur’an di PPRQ dan PP KMT Imbi sama-sama menasehati dan mengingatkan santri untuk meluruskan niat menghafal al-Qur’an karena Allah, sama-sama mendidik santri dengan kegiatan-kegiatan yang penuh dengan nilai-nilai kebaikan, serta sebagai sarana untuk mendekatkan diri santri kepada Allah dan sarana untuk menjauhkan santri dari berbuat keburukan atau maksiat. Selanjutnya, kedua pondok ini sama-sama menentukan waktu yang tepat untuk menghafal al-Qur’an, sama-sama mewajibkan santri-santrinya untuk memiliki satu al-Qur’an khusus untuk menghafal dan dalam proses tahsin al-Qur’an keduanya sama-sama fokus untuk memperbaiki bacaan al�Qur’an santri-santrinya dari makhorijul huruf maupun tajwidnya. Adapun perbedaan antara keduanya ialah waktu menghafal al-Qur’an di PPRQ dimulai dari setelah sholat tahajud hingga sholat shubuh, dilanjutkan ba’da sholat shubuh hingga pukul 06.00, sedangkan waktu menghafal al-Qur’an di PP KMT Imbi dimulai ba’da sholat shubuh hingga pukul 06.30, dilanjutkan pukul 08.00 hingga pukul 11.00. selanjutnya PPRQ melaksanakan program tahsin al-Qur’an selama tiga bulan diakhiri dengan tes bacaan al-Qur’an oleh masing�masing guru tahsin, sedangkan PP KMT Imbi melaksanakan program tahsin al-Qur’an selama satu semester atau enam bulan, dan tidak diakhiri dengan tes bacaan al-Qur’an akan tetapi penilaian dilakukan oleh guru tahsin setiap hari selama program tahsin berjalan. 2) Strategi pelaksanaan hafalan al-Qur’an di PPRQ dan PP KMT Imbi sama-sama dengan metode pengulangan ganda, tidak beralih pada ayat berikutnya sebelum ayat yang sedang dihafalkan benar-benar hafal, memahami ma’na ayat-ayat yang dihafal, dan disetorkan ke muhafidz. Sedangkan metode hafalan yang digunakan PPRQ dan PP KMT Imbi adalah sama-sama dengan metode bi al-Nadzhar, metode wahdah dan metode talaqqi. Adapun perbedaannya ialah waktu setoran hafalan baru di PPRQ hanya sekali dalam sehari yaitu ba’da sholat shubuh, dan sekali setoran hafalan baru sebanyak satu halaman. Sedangkan waktu untuk setoran hafalan baru di PP KMT Imbi sebanyak tiga kali, dan sekali setoran hafalan baru minimal setengah halaman. 3) Strategi menjaga hafalan al-Qur’an di PPRQ dan PP KMT Imbi sama-sama memiliki program muroja’ah sendiri, muroja’ah dalam sholat, muroja’ah bersama dan muroja’ah di hadapan muhafidz. Adapun perbedaannya ialah PPRQ melaksanakan program muroja’an sendiri dimulai ba’da ashar sampai pukul 17.00 dan disetor ke muhafidz ba’da maghrib sampai selesai. Sedangkan PP KMT Imbi melaksanakan program muroja’ah sendiri dimulai pukul 13.00 sampai pukul 15.30 dan langsung disetor ke muhafidz. Adapun muroja’ah bersama yang diterapkan PPRQ yaitu setoran muroja’ah secara bergantian kepada santri lain, sedangkan muroja’ah bersama yang diterapkan PP KMT Imbi ialah setiap selesai sholat lima waktu santri memuroja’ah hafalan al-Qur’an secara bersama-sama sebanyak 2,5 lembar Kata Kunci: Strategi, Hafalan, Pondok Pesantren, Al-Qur’an.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: Pendidikan Agama islam
Divisions: Pasca Sarjana > S2 Ilmu Tarbiyah dan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 28 Dec 2021 06:41
Last Modified: 28 Dec 2021 06:41
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/16800

Actions (login required)

View Item View Item