EFEKTIVITAS PENDEKATAN KONSELING KOGNITIF PERILAKU DALAM MENGATASI DAMPAK NEGATIF ALAT KOMUNIKASI (SMARTPHONE) PADA PESERTA DIDIK KELAS XI SMK PGRI 4 BANDAR LAMPUNG TAHUN 2015-2016

Wati, Sunida (2017) EFEKTIVITAS PENDEKATAN KONSELING KOGNITIF PERILAKU DALAM MENGATASI DAMPAK NEGATIF ALAT KOMUNIKASI (SMARTPHONE) PADA PESERTA DIDIK KELAS XI SMK PGRI 4 BANDAR LAMPUNG TAHUN 2015-2016. Undergraduate thesis, IAIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of SKRIPSI_FIX_NEW.pdf]
Preview
PDF
Download (2MB) | Preview

Abstract

Smartphone merupakan salah satu perkembangan media teknologi komunikasi digital dari ponsel atau telepon genggam. Dampak negatif penggunaan smartphone yang terjadi pada peserta didik kelas XI SMK PGRI 4 Bandar Lampung berpengaruh pada penurunan daya serap peserta didik pada materi pembelajaran yang diberikan oleh guru dan minat belajar peserta didik mengalami penurunan. Rumusan masalah yang diajukan adalah apakah konseling kognitif perilaku efektif dalam mengatasi dampak negatif alat komunikasi modern (Smartphone) pada peserta didik kelas XI SMK PGRI 4 Bandar Lampung Tahun 2016-2017? Penelitian bertujuan untuk mengetahui seberapa besar efektivitas konseling perilaku kognitif dalam mengatasi dampak negatif alat komunikasi (Smartphone) pada peserta didik kelas XI SMK PGRI 4 Bandar Lampung dan untuk memberikan informasi kepada peserta didik dampak negatif penggunaan smartphone melalui pendekatan konseling kognitif prilaku. Subyek penelitian kelas XI AK SMK PGRI 4 Bandar Lampung tahun ajaran 2016/2017 sebanyak 30 peserta didik yang terdiri dari 15 peserta didik kelas kontrol dan 15 peserta didik kelas eksperimen. Instrumen penelitian ini berupa kuesioner dampak negative penggunaan Smartphone yang terdiri dari 52 item pernyataan yang dikembangkan berdasarkan teknik penyusunan skala model Likert. Teknik analisis data dalam penelitian ini dengan membuat tabulasi skor dari masing-masing item, menghitung skor masing-masing responden, menghitung skor total masing-masing item, selanjutnya mengkategorisasikan perolehan skor masing-masing aspek dampak negative penggunaan smartphone. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dampak negative penggunaan smartphone mengganggu dalam aktivitas belajar peserta didik. Penggunaan smartphone memberikan dampak negative yang menyebabkan ketergantungan pada diri peserta didik sehingga menyebabkan peserta didik kurang berkonsentrasi dalam pembelajaran. Efektivitas konseling kognitif perilaku ditandai dengan meningkatnya pemikiran positif dan menurunnya pemikiran negative pada diri peserta didik yang diakibatkan ketergantungan pada smartphone seperti Individu mengalami kesendirian, meningkatnya pengeluaran, menurunnya prestasi akademis, menurunnya produktivitas. Hal ini dapat di lihat pada perbandingan nilai pre test dan post test. Kata kunci: Bimbingan, konseling kognitif, smartphone, dampak negatif

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Bimbingan Konseling
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Bimbingan Konseling
Depositing User: ADMINLIB PERPUSTAKAAN
Date Deposited: 28 Feb 2017 03:18
Last Modified: 28 Feb 2017 03:18
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/168

Actions (login required)

View Item View Item