IMPLEMENTASI METODE BERCERITA DALAM MENGEMBANGKAN MORAL DAN NILAI-NILAI AGAMA ANAK USIA DINI DI TAMAN KANAK-KANAK TUNAS RAHARJA LAMPUNG SELATAN

Dewi, Mashitoh Hadiyati putri (2021) IMPLEMENTASI METODE BERCERITA DALAM MENGEMBANGKAN MORAL DAN NILAI-NILAI AGAMA ANAK USIA DINI DI TAMAN KANAK-KANAK TUNAS RAHARJA LAMPUNG SELATAN. Undergraduate thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of SKRIPSI BAB1&2.pdf] PDF
Download (3MB)
[thumbnail of SKRIPSI FUL.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK Moral dan Nilai-nilai Agama sangat penting di berikan sejak dini agar manusia berada dalam kebenaran dan senantiasa berada di jalan yang lurus, jalan yang telah di tentukan oleh Allah SWT. Hal ini yang akan mengantarkan manusia kepada kebahagiaan di dunia dan akhirat, dan untuk mengembangkan aspek perkembangan moral dan nilai-nilai agama, Salah satu metode yang dapat di lakukan oleh guru untuk mengembangkan aspek perkembangan Moral dan nilai-nilai agama adalah menerapkan metode bercerita. Berdasarkan latar belakang masalah diatas,Adapun rumusan masalah yang penulis ajukan “Bagaimana Implementasi Metode Bercerita Dalam Mengembangkan Moral Dan Nilai-nilai Agama Anak Usia Dini Di Taman Kanak-kanak Tunas Raharja Lampung Selatan.” Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian kualitatif deskriptif. Subjek dalam penelitian ini adalah pendidik 2 orang guru dan peserta didik di Taman Kanak-kanak Tunas Raharja Lampung Selatan usia 5-6 tahun yang berjumlah 10 orang. Sedangkan obyek penelitiannya adalah Implementasi metode bercerita dalam mengembangkan moral dan nilai-nilai agama anak usia dini di Taman kanak-kanak Tunas Raharja Lampung Selatan. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu teknik wawancara, teknik observasi, dan teknik dokumentasi. Berdasarkan hal ini maka untuk memperoleh data yang jelas digunakan data observasi sebagai metode pokok, sedangkan wawancara dan dokumentasi sebagai metode pendukung. Kemudian analisis data dalam penelitian ini meliputi pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa Implementasi metode bercerita dalam mengembangkan moral dan nilai-nilai agama di Taman kanak-kanak Tunas Raharja Lampung Selatan sudah cukup efektif. Hal ini dapat dilihat dari proses penetapan tema dan tujuan cerita,menetapkan bentuk cerita,menetapkan bahan dan alat,menetapkan rancangan langkah�langkah kegiatan, dan menetapkan rancangan penilaian kegiatan bercerita. Kata Kunci : Metode Bercerita, Moral dan Nilai-nilai Agama iii ABSTRACT Religious morals and values are essential early in life to keep people inside the truth and always stay on the straight path, the one god has chosen. It will lead mankind to happiness in the world and the afterlife, and to develop aspects of moral development and religious values, one method a teacher can use to develop aspects of moral development and religious values is to adopt the method of telling stories. Based on the background of the above problem is the problem the author proposes “ how implementation of storytelling methods in the development of the moral and religious values of preteen children in Taman Kanak-kanak Tunas Raharja Lampung Selatan” The method used in this study is a descriptive qualitative study method. The subject of this study is educator 2 and protégé in the 5-6 year old TK Tunas Raharja Lampung Selatan to 10. While the object of his research is the implementation of storytelling methods in developing the moral and religious values of a preteen children in the Taman Kanak-kanak Tunas Raharja Lmapung Selatan. The data collection techniques used in the research are interviews, observation techniques, and documentation techniques. Basd on this, the quest for clear data is used observation data asa principal method, while interviews and documenting asa support method. Then data analysis in this study includes data gathering, data reduction, data presentation,deduction. Based on studies it may be concluded that the implementation of storytelling methods in developing moral and religious values in the Taman Kanak-kanak Tunas Raharja Lampung Selatan bud is quite effective. This can b seen from the process of establishing a theme and purpose of the story, establishing the story shape, establishing materials and tools, establishing a design of the activity steps, and establishing a telling activity assessment design. Keywords : Implementation of Storytelling Method, Moral and Religious Value

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 28 Dec 2021 06:06
Last Modified: 28 Dec 2021 06:06
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/16796

Actions (login required)

View Item View Item