ANALISIS KANDUNGAN BAKTERI Coliform DAN Escherichia coli PADA AIR MINUM DALAM KEMASAN DAN AIR MINUM ISI ULANG DI KECAMATAN SUKARAME BANDAR LAMPUNG

ANNISA, AULIA RESTIYANI (2021) ANALISIS KANDUNGAN BAKTERI Coliform DAN Escherichia coli PADA AIR MINUM DALAM KEMASAN DAN AIR MINUM ISI ULANG DI KECAMATAN SUKARAME BANDAR LAMPUNG. Undergraduate thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of SKRIPSI 1-2.pdf] PDF
Download (2MB)
[thumbnail of SKRIPSI ANNISA AULIA RESTIYANI.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK ANALISIS KANDUNGAN BAKTERI COLIFORM I DAN ESCHERICHIA COLI PADA AIR MINUM DALAM KEMASAN DAN AIR MINUM ISI ULANG DI KECAMATAN SUKARAME BANDAR LAMPUNG Oleh: Annisa Aulia Restiyani 1711060143 Air minum menjadi kebutuhan penting dan pokok bagi makhluk hidup. Pasalnya 75% tubuh manusia terisi dengan air. Air minum yang dikonsumsi harus melalui pengolahan maksimal untuk menghindari kontaminasi bakteri. Escherichia dan Coliform sering dijadikan sebagai indikator kontaminasi pada air minum, menandakan adanya mikroba patogen. Tujuan penelitian untuk mengetahui adakah kandungan bakteri Coliform dan Escherichia coli pada air minum dalam kemasan dan air minum isi ulang yang ada di Kecamatan Sukarame, tergolong memenuhi syarat atau tidak memenuhi syarat Permenkes RI No.492/Menkes/Per/IV/2010. Penelitian di Laboratorium Balai Veteriner Kota Bandar Lampung. Sampel air minum dalam kemasan dan air minum isi ulang diambil di Kecamatan Sukarame dengan teknik pengambilan sampel, sampel jenuh. Metode yang digunakan, yaitu metode Angka Paling Mungkin (APM) tabung seri 3 untuk mengetahui total Coliform dan Escherichia coli pada sampel, menghitung jumlah mikroorganisme mengunakan media kultur cair di dalam tabung reaksi. Hasil penelitian yang didapatkan dari 16 sampel air minum 1 sampel positif mengandung bakteri Coliform dengan nilai APM Coliform 43/100 ml, yaitu pada sampel air minum isi ulang yang tidak memenuhi syarat Permenkes RI No.492/Menkes/Per/IV/2010 dan 15 telah memenuhi syarat Permenkes dengan nilai APM Coliform <3/100 ml. Seluruh sampel tidak mengandung bakteri Escherichia coli telah memenuhi syarat Permenkes nilai APM Escherichia coli <3/100 ml. Ada beberapa faktor terjadinya kontaminasi bakteri Coliform pada 1 sampel air minum isi ulang, yaitu lokasi depot air minum yang berada dipinggir jalan, kondisi depot yang kurang terawat, kurang menjaga kebersihan, dan tidak melakukan pemeriksaan secara rutin. Kata kunci: Coliform, Escherichia coli, air minum dalam kemasan, air minum isi ulang, dan Angka Paling Mungkin (APM).

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Biologi
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Biologi
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 28 Dec 2021 05:13
Last Modified: 28 Dec 2021 05:13
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/16790

Actions (login required)

View Item View Item